Jakarta – Perseteruan Koalisi Indonesia Hebat versus Koalisi Merah Putih yang memanas secara permukaan disertai dengan lobi-lobi antar kedua pihak. Komunikasi antar kedua pihak terus dilakukan secara intensif untuk menuntaskan kebuntuan beberapa waktu terakhir.

“Tadi malam kami duduk bersama antara KIH dan KMP,” Politisi PDI Perjuangan, Pramono Anung sebelum rapat Paripurna DPR Versi KIH di gedung DPR, Selasa (4/11/2014).

Menurut Pramono, lobi-lobi politik serta duduk bersama antar kedua pihak dari pihak KIH diwakili oleh dirinya dan politisi PDI-P lainnya Olly Dondokambey. Sedangkan dari Koalisi Merah Putih diwakili oleh Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Setya Novanto, dan Sekjen Golkar Idrus Marham.

Mantan Wakil Ketua DPR itu mengatakan pertemuan antar petinggi parpol dilakukan agar perseteruan kedua pihak tidak terus berlangsung. Ditambah pada saat ini, sudah ada pemerintahan baru serta terdapat unsur kepercayaan dunia internasional dan ekonomi Indonesia atas dinamika politik.

Pramono menyampaikan bahwa sudah mendengar bahwa Prabowo dan Ketum Golkar Aburizal Bakri ingin perseteruan antar kedua kubu cepat diselesaikan, sehingga dualisme dan pembagian alat kelengakapan DPR bisa diselesaikan secepat mungkin. “Ditargetkan minggu depan ada solusi,” ujar Pramono.

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan pihaknya akan terus melakukan komunikasi antar pihak di DPR serta membuka ruang untuk koordinasi. Dia berharap pada saat ini tidak ada lagi pembicaraan tentang KIH dan KMP karena sesama anggota DPR harus bersatu. “Artinya jangan bicara KMP dan KIH, sudah selesai,” ujarnya.

Adanya ketidakhadiran beberapa fraksi dalam sidang-sidang di DPR, kata Taufik, apa yang terjadi pada saat ini sebagian dalam langkah proses dan bentuk penyampaian aspirasi. Menurut Taufik, agenda DPR pada saat ini terus berjalan serta anggota DPR masih saling menghormati semua sikap yang dipilih sesama anggota DPR.

Politisi Parta Amanat Nasional (PAN) itu tidak setuju apa yang terjadi pada saat ini adalah dualisme di DPR. Dia menilai boleh-boleh sesama anggota DPR menyampaikan asipirasi mereka. Pasalnya, jika berbicara dualisme maka justru dinilai membingungkan masyarakat. Dia berharap perlu kebersamaan anggota DPR untuk bekerja dalam rangka mendukung program pemerintah.

Secara bersamaan kedua kubu anggota DPR RI dari KIH dan KMP menggelar rapat paripurna di Gedung DPR RI. Kubu KIH yang dihadiri oleh politisi PDI-P, PKB, PPP, Nasdem dan Hanura menggelar rapat paripurna di Ruangan Badan Musyawarah DPR RI. Rapat digelar untuk penetapan secara proporsional komisi di DPR, namun masih belum ditetapkan karena masih menanti pengajuan partai di luar KIH.

Sedangkan anggota DPR dari Koalisi Merah Putih terdiri Partai Demokrat, Golkar, PKS, Gerindra dan PAN menghadiri Rapat paripurna DPR ke-8. Rapat mengagendakan penetapan mitra kerja komisi-komisi di DPR.
Rapat paripurna DPR RI yang lebih banyak dihadiri oleh anggota DPR RI dari KMP turut diwarnai interupsi tentang kekisruhan DPR RI.

Anggota Fraksi Demokrat, Benny Kabur Harman dan Ruhut Sitompul turut angkat bicara soal adanya pimpinan DPR tandingan. Mereka berharap adanya solusi untuk anggota DPR KIH dan KMP untuk duduk bersama-sama di parlemen.

Share

Video Popular