Preferensi smartphone selalu menjadi topik hangat di kalangan penggemar, dengan persaingan antara iPhone vs Android menjadi yang paling gamblang sejak revolusi smartphone dimulai oleh iPhone pertama pada delapan tahun lalu.

Sementara Google Android menjadi OS smartphone yang paling populer dari segi pangsa pasar, Apple masih menjadi salah satu pesaing signifi kan yang belum pernah dapat diungguli ketika melihat dari segi keuntungan penjualan smartphone. Faktanya, pada Selasa lalu (30/1/2015), Apple mengumumkan rekor perkiraan pendapatan, dan yang paling krusial tentunya adalah penjualan iPhone.

Tentang hal ini, majalah Business Insider mengemukakan 15 alasan mengapa ponsel Android lebih baik daripada iPhone, dengan ulasan yang menarik untuk dibaca.

Beberapa argumen memang usang, namun masih relevan untuk banyak pembeli smartphone. Smartphone Android menawarkan pilihan kustomisasi lebih baik tentang tampilan dan aplikasi layar.

Sejumlah argumen lama ialah bahwa sebagian besar smartphone Android memiliki penyimpanan microSD yang bisa di-upgrade dan dapat mengganti baterai, serta mereka semua bisa diisi ulang dengan kabel micro USB apa saja yang tergeletak di sekitar, dan bukannya harus menggunakan kabel khusus.

Selain itu masih terdapat alasan lain yang lebih menarik untuk memilih Android ketimbang iPhone. Sebagai contoh, beberapa persembahan Android terbaru hadir dengan built-in sensor inframerah yang mengubahnya menjadi remote kontrol untuk TV.

Demikian pula, publikasi berpendapat bahwa sistem pengarsipan Android (untuk screenshot, download foto dan gambar yang tersimpan) lebih user-friendly, yang memungkinkan pengguna dengan cepat menemukan dan memindahkan fi le antar perangkat.

Yang juga menarik adalah aplikasi multitasking yang ditawarkan oleh beberapa handset dan tablet Android kepada para pengguna.

Anda mungkin juga akan lebih menyukai Android ketimbang iPhone karena Google memungkinkan Anda mengambil musik dari berbagai sumber, bukan hanya iTunes, dan memungkinkan Anda mengunduh aplikasi langsung dari situs Play Store, tanpa memerlukan aplikasi khusus seperti iTunes.

Perangkat Android juga dating dengan dukungan untuk beberapa pengguna dan default yang lebih baik tentang pemetaan dan aplikasi navigasi. Fitur menarik lainnya yang ditemukan di Android namun tidak pada iPhone, menurut panduan ini, yakni akses visual untuk pemberitahuan dan alat pembuka kunci layar tambahan.

Namun kembali lagi, itu semua tentang preferensi pribadi, dan penggemar Apple pasti bisa datang dengan lebih banyak alasan, tentang mengapa iPhone adalah pilihan yang lebih baik. (osc/Asari)

Share

Video Popular