Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika melaporkan hasil investigasi sementara mengenai dugaan penyadapan melalui sim card pada perangkat telekomunikasi di Indonesia. Hasil yang dilaporkan menyebutkan tidak menemukan tidak ada kebocoran pada perangkat yang dimiliki oleh operator.

“Para operator telah melaporkan hasil investigasi internal mereka dan menyatakan tidak menemukan adanya kebocoran pada SIM Card mereka,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu dalam rilisnya di Jakarta, Senin (23/3/2015).

Menurut Ismail, hasil sementara diperoleh berdasarkan perintah Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) setelah meminta semua penyelenggara jaringan bergerak seluler untuk melakukan investigasi internal terkait adanya dugaan penyadapan.

Menurut dia, sampai dengan minggu kedua bulan Maret 2015, sebanyak lima penyelenggara jaringan bergerak seluler telah melaporkan hasil investigasinya kepada BRTI yaitu PT. Hutchison 3 Indonesia, PT. XL Axiata, PT. Indosat, PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, dan PT. Telekomunikasi Selular.

Tidak hanya melaporkan mengenai dugaan adanya kebocoran data dalam Sim Card, para operator juga melaporkan bahwa mereka menjamin penyedia SIM Card yang mereka gunakan telah memenuhi GSM Security Standard.

Oleh karena itu, Kemkominfo bersama BRTI mendorong penyelenggara telekomunikasi untuk bekerjasama dengan produsen SIM Card dalam negeri untuk mengantisipasi isu-isu penyadapan di kemudian hari.

Isu penyadapan ini bermula dari nyanyian yang dilontarkan oleh mantan karyawan National Security Agency (NSA) Edward Snowden. Dokumen yang dirilis oleh Snowden menyebutkan, pihak yang terlibat penyadapan di Indonesia adalah NSA dan Government Communications Headquarters (GCHQ) dari Inggris pada 2010.

Dalam laporan disebutkan penyadapan dilakukan dengan meretas pada sistem enkripsi SIM Card yang digunakan operator. SIM Card itu disebut dibuat oleh perusahaan Gemalto yang berasal dari Belanda

– See more at: http://www.erabaru.net/detailpost/hasil-investigasi-sementara-dugaan-penyadapan-melalui-sim-card#sthash.Apar9Qo0.dpuf

Share
Kategori: TECHNEWS TEKNOLOGI

Video Popular