Erabaru.net. Osteoporosis dan patah tulang yang menyertainya tidak harus menjadi bagian dari penuaan normal yang menyakitkan.

Berbagai cara pencegahan dapat Anda lakukan, untuk meningkatkan kesehatan tulang yang optimal dan membatasi risiko akan tulang keropos di kemudian hari.

Berapapun usia Anda sekarang, hendaknya Anda menjaga kesehatan serta pola makan yang sehat, sehingga dapat memiliki manfaat kesehatan bagi tulang Anda untuk jangka yang panjang.

Kita semua mengetahui tulang membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk kesehatannya, namun komponen yang terdiri dari kerangka jaringan hidup Anda membutuhkan lebih dari segelas susu.

Kumpulan tulang yang baik secara berkesinambungan juga membutuhkan sumber protein, magnesium, potassium, fosfor, fluoride dan juga kalsium.

Berikut ada 8 jenis makanan kaya nutrisi dan melindungi kesehatan tulang Anda

1. Pisang

Pisang kaya akan kalium, yang dapat membantu dan mencegah hilangnya kalsium dari tubuh Anda.

2. Sarden kalengan

Sarden kalengan kaya akan kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

3. Jus jeruk

Jeruk jeruk tidak mengandung kalsium atau vitamin D, tetapi sering diperkaya dengan kalsium.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu dalam penyerapan kalsium pada tulang Anda.

4. Buah plum

Menurut Yayasan Osteoporosis Nasional, AS, penelitian menunjukkan bahwa plum (dikenal sebagai “plum kering”) mungkin memiliki manfaat pada tulang dibandingkan buah dan sayuran lainnya.

5. Biji labu kering

Seiring dengan tulang yang membutuhkan fosfor, kalium, protein, seng, dan tembaga, maka biji labu juga merupakan sumber magnesium yang penting bagi tulang.

6. Minyak zaitun

Dalam studi terbaru, ditemukan bahwa asupan minyak zaitun dapat membantu pencegahan osteoporosis .

7. Sayuran hijau

Kale, collard hijau, sawi, lobak Swiss, dan bayam, serta kubis brussel, kaya akan nutrisi termasuk kalsium, magnesium, kalium, vitamin C dan vitamin K,yang penting untuk kesehatan tulang.

8. Yogurt

Umumnya, banyak orang beranggapan untuk mendapatkan asupan kalsium dari segelas susu setiap paginya.

Akan tetapi, yogurt juga kaya akan kalsium yang setaraf dengan makanan probiotik sehat lainnya.

Segela yogurt memiliki 35 persen dari kebutuhan harian kalsium Anda, 25 persen vitamin D, 30 persen fosfor, 8 persen magnesium.( Anai/Yant)

Share

Video Popular