Hasil penelitian diperoleh bahwa, pendidikan kesadaran di sekolah telah terbukti manfaatnya, diantaranya dapat meningkatkan optimisme dan kebahagiaan di dalam kelas, mengurangi intimidasi dan agresi, meningkatkan kasih sayang dan empati terhadap orang lain serta dapat membantu siswa dalam menyelesaikan konflik.

Mengutip mindbodygreen, ada beberapa cara untuk melatih kesadaran anak – anak.

Latihan mendengarkan bunyi lonceng

Anda dapat membunyikan lonceng dan meminta anak-anak untuk mendengarkan dengan cermat suara lonceng yang sedang berdenting. Beritahukan anak – anak untuk tetap diam dan mengangkat tangan mereka, ketika tidak lagi mendengar bunyi lonceng.

Kemudian memberitahu anak – anak untuk tetap berdiam selama satu menit dan memerhatikan suara / bunyi yang lain, ketika bunyi lonceng telah berhenti. Setelah itu, mintalah anak Anda untuk membentuk lingkaran dan meminta anak-anak untuk memberitahu Anda setiap suara yang mereka dengarkan selama satu menit itu.

Latihan ini tidak hanya menyenangkan dan membuat anak-anak jadi bersemangat,sehingga dapat berbagi pengalaman dengan orang lain. Namun, juga dapat membantu mereka terhubung dengan kondisi di sekitarnya dan meningkatkan kepekaan akan persepsi / pandangan mereka terhadap berbagai bunyi yang didengarnya.

Melatih pernafasan

Anda dapat membagikan boneka binatang pada setiap anak (atau benda kecil lainnya). Jika ruangan memungkinkan, menyuruh anak-anak untuk berbaring di lantai dan menempatkan boneka hewan di perut mereka.

Kemudian meminta anak – anak untuk mulai bernafas secara mendalam, tanpa bergerak selama satu menit dan perhatikan boneka hewan yang di atas perutnya bergerak naik dan turun, dan setiap perasaan lain yang mereka rasakan.

Perenggangan otot

Sementara anak-anak berbaring dengan mata tertutup, mintalah anak – anak untuk mengencangkan dan meregangkan setiap otot dalam tubuh mereka seketat mungkin. Katakan kepada mereka untuk mengencangkan jari kaki dan kaki, mengencangkan otot-otot di kaki sampai pinggul mereka,menarik nafas yang dalam dari perut mereka, meremas dan mengepalkan jari tangan mereka serta mengangkat bahu hingga kepala mereka. Mintalah mereka menahan diri dalam posisi mereka, tanpa gerak dalam beberapa detik, dan kemudian lepaskan dan rileks. Kegiatan ini baik dan juga menyenangkan, karena dapat “melonggarkan”otot -otot tubuh dan pikiran.

Mencium

Anda dapat menguji kesadaran penciuman anak –anak dengan menggunakan sesuatu media yang harum, seperti sepotong kulit jeruk segar, setangkai lavender atau bunga melati. Mintalah anak- anak untuk menutup mata dan menghirup aroma disekitarnya dan memfokuskan semua perhatian mereka hanya pada bau/ aroma benda itu.

Terapi Aroma/wangi ini, benar-benar dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengatasi kegelisahan dari anak –anak.

Seni dari sentuhan

Berikan setiap anak sebuah objek untuk disentuh seperti bola, bulu, mainan yang lembut, batu dan sebagainya. Mintalah anak –anak untuk menutup mata mereka dan menjelaskan bagaimana rasanya dari objek yang disentuh ( apakah permukaannya lembut, kasar, padat atau lunak ).

Latihan ini sederhana, namun menarik, karena cara ini dapat mengajarkan pada anak-anak praktek kepekaan akan indra mereka.

Latihan denyut jantung

Anda dapat meminta anak untuk melompat-lompat di tempat, selama satu menit. Kemudian,mintalah mereka untuk duduk kembali dan meletakkan tangan pada posisi jantung mereka.

Mintalah anak untuk menutup matanya dan merasakan detak jantung mereka, nafas mereka, dan memperhatikan hal apa saja yang mereka ingat tentang tubuh mereka.

Dari hati ke hati

Langkah kegiatan ini disebut “Mari kita bicara tentang perasaan”. Meminta anak – anak untuk duduk manis dan santai, kemudian meminta anak-anak untuk memberitahu Anda tentang perasaan mereka.

Perasaan apa yang mereka rasakan? Tanyakan kepada anak –anak perasaan apa yang mereka sukai. Kemudian tanyakan pada mereka, apa yang bisa dilakukan ketika memiliki perasaan yang tidak mereka sukai.

Anda juga dapat meminta mereka untuk bersantai dan merasakan detak jantung mereka, selama beberapa menit. Kegiatan ini juga dapat memberi efek yang menenangkan bagi anak – anak.(Anai/Yant)

Share

Video Popular