Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan optimisi siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) melaksanakannya dengan tingkat kejujuran yang tinggi. Anies juga optimis siswa mengerjakan ujian dengan baik dengan hasil yang juga baik.

“Saya percaya anak-anak dapat mengerjakan dengan baik, hasilnya pun baik, dan tingkat kejujurannya tinggi,” kata Anies saat melakukan inspeksi di SMKN 20 Jakarta, Senin (13/4/2015).

Dia mengatakan proses pelaksanaan UN 2015 sudah berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Dia berharap naskah-naskah soal yang diberikan kepada pihak sekolah dilaksanakan dengan baik dan integritas yang tinggi.

Setelah mengunjungi SMKN 20 Jakarta Selatan, Menteri Anies melakukan sidak pada sekolah terdekat dengan SMKN 20 yakni SMKN 28. Kedua sekolah itu melaksanakan Ujian Nasional 2015 berbasis komputer atau Computer Bassed Test (CBT).

Menteri Anies mengatakan UN tingkat SMA/SMK/Aliyah se Indonesia melibatkan sebanyak 69.000 sekolah di Indonesia. Turut terlibat sebanyak 700 ribu pengawas terhadap sebanyap 2,8 juta siswa seluruh Indonesia.
UN untuk jenjang SMA sederajat tahun ini dilaksanakan pada 13-15 April 2015. Materi UN adalah enam mata pelajaran sesuai jurusan masing-masing seperti program IPA, IPS, Bahasa, MA program keagamaan, Sekolah Menengah Agama Katolik dan Kristen.

Sebelumnya Menteri Anies Baswedan mengatakan UN kali ini berbeda dengan pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya. Hasil akhir UN tidak hanya sebatas 100 persen tolak ukur kelulusan siswa.
Berdasarkan permendikbud 144 tahun 2014, nilai UN dengan nilai sekolah perbandingan 50:50. Dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, nilai UN dengan persentase 60 persen dengan nilai sekolah 40 persen.

Share

Video Popular