Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi penyedap berbagai masakan. Siapa saja yang mencium aromanya dalam masakan, dapat mengundang perasaan lapar, sehingga segera ingin makan jadinya. Selain sebagai penggugah selera makan, bawang merah juga mempunyai banyak manfaat kesehatan

Mengutip care2.com, berikut manfaat kesehatan dari bawang merah:

1. Bawang merah mengandung zat fitokimia, yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi vitamin C di dalam tubuh serta juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh .

2. Bawang merah mengandung zat kromium, yang dapat membantu untuk mengatur gula darah dalam tubuh Anda.

3. Selama berabad-abad, bawang merah telah digunakan sebagai obat untuk mengobati infeksi dan mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh Anda.

4. Mengonsumsi bawang merah mentah, dapat bermanfaat sebagai pendorong bagi tubuh untuk memproduksi kolesterol baik (HDL) , sehingga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Senyawa quercetin yang kuat dalam bawang merah, dikenal bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker.

6. Dengan mengoleskan bawang merah yang dihaluskan, pada daerah yang disengat lebah dapat dengan cepat mengobati rasa sakit dan perasaan terbakar akibat sengatan lebah.

7. Bawang merah berperan sebagai pengumpul radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko terkena ulkus lambung ( penyakit lambung ).

8. Daun bawang merah kaya akan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan tubuh Anda.(Anai)

Share

Video Popular