Kita semua tahu prinsip dasar untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat yakni mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, minum air yang cukup, tidur yang cukup, dan menghindari minuman beralkohol dan tembakau. Namun, tenyata ada banyak kebiasaan yang tidak diduga dapat mengganggu kesehatan juga.

Mengutip dari care2.com, beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan, tapi mungkin tidak kita sadari.

1. Memakai sepatu hak tinggi

Memakai sepatu berhak tinggi tentu menambah penampilan dan percaya diri bagi kaum perampuan. Namun, penampilan yang cantik dapat membawa sejumlah masalah bagi kaki Anda : kapalan, sakit betis bahkan dapat memengaruhi punggung, tulang belakang dan lutut Anda.

Jika Anda memakai sepatu hak tinggi secara rutin, dapat menyebabkan kerusakan pada tulang belakang, otot dan tendon (urat kaki) Anda.

Anda sebaiknya memakai sepatu dengan tumit yang pendek saja untuk kegiatan sehari – hari dan hanya sesekali saja memakai sepatu hak tinggi untuk acara- acara penting,demi menjaga kesehatan kaki dan tubuh Anda.

2. Menggigit kuku

Kuku jari tangan Anda adalah sarangnya berbagai kuman penyakit . Bila Anda mempunyai kebiasaan menggigit kuku jari tangan, sebaiknya segera Anda hindari. Hal ini dapat mengakibatkan komplikasi pada kesehatan Anda . Disamping itu juga dapat mendatangkan masalah pada rahang, gigi dan merusak kulit, serta meningkatkan risiko terserang pilek / flu, karena penyebaran kuman akibat menggiggit kuku Jari Anda. Hentikan dari sekarang kebiasaan tersebut.

3. Berolahraga larut malam

Berolahraga merupakan komponen penting dari gaya hidup yang sehat. Namun, berolahraga hingga berkeringat di malam hari, dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Bagi sebagian orang, melakukan olahraga dan memompa adrenalin berdekatan dengan waktu tidur di malam hari,dapat menimbulkan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang pulas. Jika Anda terbiasa dengan kegiatan olahraga di malam hari, sebaiknya Anda dapat mengubah jadwal waktu olahraga Anda lebih cepat dari waktu tidur Anda.

4. Tidak pernah Menyendiri

Penelitian menunjukkan bahwa waktu untuk menyendiri dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dan terkonsentrasi. Juga dapat memungkinkan Anda berpikir secara mendalam untuk mencari solusi dari masalah yang ada bahkan membuat hubungan Anda lebih kuat. Anda dapat menciptakan waktu untuk menyendiri dengan bangun pagi lebih awal atau tidur sedikit larut di malam hari.

5. Mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut setiap hari adalah baik untuk tujuan kebersihan diri sendiri. Namun, mencuci rambut setiap hari dapat menguras kelembaban dan minyak alami rambut, sehingga mengurangi kesehatan dan kilauan rambut Anda.

Anda disarankan sebaiknya membuat jadwal hari untuk keramas dan tidak mencuci rambut setiap hari, demi kesehatan rambut Anda.

6. Tidak dapat berkata “Tidak “

Dapat memberi kebahagiaan dan menyenangkan semua orang adalah baik. Namun, ada kalanya kita tidak dapat memuaskan perasaan dan keinginan dari semua orang. Terkadang, kita harus dapat menolak dan mengatakan ‘tidak “jika benar kita tidak dapat memenuhi keinginan dari pihak lain.

Anda disarankan sebaiknya dapat berpikir panjang, bila ingin membuat/menepati sebuah janji, sehingga tidak merepotkan diri sendiri juga tidak mengecewakan pihak lain, yang Anda janjikan.

7. Memiliki postur /perawakan tubuh yang buruk

Ada alasan yang baik bahwa ibu Anda selalu mengingatkan Anda untuk berdiri dengan tegak, tidak membungkuk. Memiliki postur tubuh yang buruk dapat menimbulkan konsekuensi yang serius bagi tubuh kita.

Hal ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bernafas dengan benar, merusak hati dan saluran pencernaan Anda, juga dapat menyebabkan sakit kepala dan leher, bahu dan punggung Anda.

8. Menjalani hidup terlalu serius

Ini bukan berarti bahwa Anda harus mengabaikan semua hal-hal buruk dalam hidup Anda. Melainkan, Anda disarankan sebaiknya dapat menjalani hidup Anda dengan sedikit bersantai seperti tertawa dan melakukan olahraga / relaksasi, bergabung dan menjadi anggota dari suatu group masak, kegiatan menyanyi, menari dan mengalami hal – hal yang membuat Anda bahagia dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Dengan demikian, dapat membebaskan diri Anda dari stres dan kecemasan dalm kehidupa sehari – hari.(Anai/Yant)

Share

Video Popular