Cerita Putri Salju ada sebuah kaca cermin yang mampu menampakkan wajah asli dari sang ratu yang berhati jahat. Apakah dalam kehidupan nyata ada juga alat semacam itu yang bisa membantu mencerminkan jiwa kita?

Daily Mail melaporkan pada 30 April bahwa ada sebuah website dengan nama how-old.net  mengaku bisa mengukur usia seseorang melalui foto yang diberikan. Beberapa jam setelah website itu dipopulerkan, sudah dikunjungi puluhan ribu netizen yang ingin melakukan self-test.

Sekitar 35.000 netizen mengungjungi situs tersebut untuk melakukan self-test dengan meng-upload foto sendiri atau milik teman. Setelah perangkat lunak melakukan analisis structural melalui foto wajah, maka diketahui berapa usia sebenarnya orang yang berada dalam foto itu.

Netizen yang sudah melakukan test tersebut menceritakan bahwa kadang-kadang muncul juga beberapa kesalahan yang bisa membuat yang bersangkutan tertawa. Tetapi lebih banyak yang tepat lho ! bakan selisihnya hanya berkisar di angka 3 tahun.

Perangkat lunak tersebut diciptakan oleh Microsoft. Menurut mereka perangkat akan menganalisis wajah dalam foto melalui 27 bagian untuk menentukan kesimpulan. Bagian-bagian itu termasuk bola mata, kelopak mata atau hidung, dan bagian ini akan menua sesuai bertambahnya usia.

Perangkat juga mampu secara akurat mengidentifikasi jenis kelamin, juga cukup akurat dalam menentukan usia dari foto anak yang di-upload. Namun terhadap foto wanita yang bermake-up, hasil pengujian usianya bisa ‘naik turun’. Beberapa netizen wanita yang meng-upload fotonya yang bermake-up rata-rata mengatakan bahwa perangkat lunak memprediksi usianya lebih tua daripada sebenarnya.

Website tersebut memberikan penjelasan kepada pengguna bahwa karena usia diukur berdasarkan suatu algoritma statistik sehingga besar kemungkinan tidak tepat 100 %.

Share
Kategori: TECHNEWS TEKNOLOGI

Video Popular