Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita, dan setiap wanita mendambakan rambut yang sehat indah kemilau. Rambut yang indah sempurna tidak di dapatkan dari minyak rambut, tapi dengan cara kita menjalani gaya hidup, dan cara-cara yang sangat mendasar kita merawat rambut.

Berikut beberapa kebiasaan yang paling mengejutkan yang mempengaruhi rambut Anda.

Melahirkan

Selama kehamilan dapat terjadi peningkatan kadar estrogen yang membuat rambut Anda terlihat tebal, lebih bersinar dan lembut. setelah melahirkan tingkat estrogen Anda akan menurun, sehingga kondisi kesehatan rambut juga ikut mengalami penurunan.

Namun, Ini bersifat sementara saja, kebanyakan wanita mendapatkan kembali rambut sehat mereka pada keadaan yang normal, sebelum mengandung kembali sekitar satu tahun setelah melahirkan.

Gaya hidup

Gaya hidup memiliki pengaruh pada rambut Anda juga, termasuk makanan apa saja yang Anda makan, berapa lama Anda memiliki waktu tidur yang optimal serta beban pikiran dapat membuat rambut Anda menjadi kering, rapuh dan juga tipis.

Anda disarankan sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, vitamin E dan vitamin D untuk meraih rambut yang sehat. Kurang tidur yang berkepanjangan serta stress yang kronis dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Mandi air panas

Rutin mandi dengan air yang panas dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dari rambut Anda. Air panas dapat menyebabkan dehidrasi rambut Anda dan dari waktu ke waktu, menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh, ujung rambut bercabang dan rusak. Selain itu, air panas dapat merusak kulit kepala dan minyak alami yang dihasilkan untuk menjagga rambut terlihat sehat dan berkilau.

Memakai topi

Anda perlu topi untuk menjaga kehangatan tubuh di musim dingin dan melindungi dari terik Matahari, akan tetapi jika Anda memakai topi sepanjang waktu, juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Dapat menyebabkan kepala Anda menjadi berkeringat dan berminyak, sehingga membuat rambut mudah kusut dan rusak jadinya. Topi dari bahan wol juga kurang baik bagi kesehatan rambut, dan sebaiknya hindari pemakaian topi sepanjang waktu.

Sisir yang kotor

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, Anda disarankan sebaiknya membersihkan sisir rambut Anda sedikitnya seminggu sekali. Hal ini karena minyak alami dari rambut Anda dan semua produk-produk rambut yang Anda gunakan dapat menumpuk dan menempel disisir. Dan semua kotoran ini dapat langsung kembali menempel pada rambut, jika tidak rutin membersihkan sisir yang Anda gunakan.

Menggunakan sisir rambut yang lama dan usang juga tidak baik bagi kesehatan rambut, karena dapat mengiritasi kulit kepala Anda dan menyebabkan kerusakan pada rambut nantinya.

Menyisir rambut secara berlebihan

Menyisir rambut secara berlebihan juga merusak kesehatan rambut, karena dapat mengelupaskan kutikula pada setiap helai rambut. Hal ini yang menjadi penyebab rambut Anda terlihat kusam, tidak berkilau, rusak bahkan rontok .

Mengunakan karet rambut yang salah

Dengan cuaca yang panas sekarang ini,tentu nyaman rasanya jika rambut yang panjang di ikat saja. Namun, terlalu erat mengikat rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, bahkan menjadikan rambut bercabang. Anda disarankan sebaiknya tidak mengikat rambut Anda dengan karet setiap hari serta mengubah tampilan rambut Anda, sehingga dapat mencegah kerusakan rambut.

Terlalu banyak sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak kulit dan rambut Anda juga. Sinar Matahari yang kuat dapat mengelupaskan lapisan pelindung alami rambut Anda,sehingga menjadi kering , keriting dan sulit untuk ditata .

Anda disarankan sebaiknya melakukan masker rambut dan menggunakan kondisioner rambut secara rutin, sehingga dapat mengembalikan kemilauan rambut Anda yang sehat nan indah .(Anai/Yant)

Share

Video Popular