Campak atau rubella adalah penyakit virus yang disebabkan oleh paramyxovirus . Campak umumnya terjadi pada anak-anak kecil dan sangat menular. Anak-anak yang tidak divaksinasi, atau anak-anak dengan kekebalan tubuh yang lemah paling rentan terhadap campak. Campak menyebar melalui kontak fisik, batuk, bersin dan kontak dengan sekresi hidung dari orang yang terinfeksi.

Gejala campak antaralain diawali dengan demam tinggi, badan sakit, mata berair, kehilangan nafsu makan, pilek dan ruam di seluruh tubuh. Luka merah sangat gatal. Tidak ada obat khusus untuk campak. Profesional medis hanya dapat mengobati gejalanya saja.

Mengutip dari stylecraze.com, berikut beberapa cara alami untuk mengobati sakit campak.

Daun zaitun

Daun zaitun merupakan obat rumah yang efektif untuk mengobati gejala penyakit campak. Hal ini karena daun zaitun mengandung antimikroba dan antivirus yang ampuh. Sistem antivirus ini dapat membantu membersihkan virus penyebab campak.

Daun zaitun adalah antibiotik alami yang kuat serta kaya antioksidan yang dapat membantu proses penyembuhan dari penyakit campak .

Daun neem

Daun neem memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan bakterisida yang kuat dan juga agen antivirus. Ekstrak daun neem biasanya dimanfaatkan sebagai obat untuk mengurangi rasa gatal pada luka, juga digunakan dalam beberapa perawatan kesehatan dengan kandungan anti virus darinya.

Pare

Pare mungkin bukan sayuran favorit Anda karena rasa pahit yang dimilikinya. Namun, jika Anda terserang penyakit campak, tidak ada antioksidan yang lebih baik untuk memerangi gejala dari campak selain dari pare.

Hal ini karena pare kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin C, zat besi, kalium, seng dan serat makanan. Semua nutrisi ini membantu meningkatkan kekebalan Anda dan mempercepat proses pemulihan dari penyakit campak.

Jelai /barley

Barley adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi kulit yang disebabkan oleh ruam dari penyakit campak. Kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya, sehingga barley dapat mempercepat proses penyembuhan dari penyakit campak.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah dapur, yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, kandungan kurkuminnya membuat antioksidan bekerja secara efektif. Hal ini membuat kunyit juga termasuk sebagai bahan alami yang ideal untuk membantu mengurangi gejala campak.

Air kelapa

Salah satu dari gejala penyakit campak adalah dehidrasi, yang disertai hilangnya nutrisi penting dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengatasi kedua masalah tersebut dan merupakan obat yang efektif untuk mengurangi ruam, merah dan gatal, juga dapat melawan campak juga

Akar manis/licorice

Salah satu bahan alami yang terbaik dan dapat mengurangi gejala campak adalah akar manis (licorice . Akar manis mengandung antijamur yang kuat, sifat antibakteri dan antivirus yang membuatnya cukup efektif untuk mengobati gejala campak.

Amla

Amla adalah obat yang efektif untuk mengatasi penyakit campak. Kaya akan kandungan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan. Juga, kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu mengurangi ruam atau kemerahan pada kulit.

Biji terong

Biji terong adalah obat alami lain yang sangat baik untuk mengurangi gejala campak. Kandungan antioksidan yang kuat serta gizi yang tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain sebagai obat yang sangat baik, biji terong juga dapat menghambat pertumbuhan paramyxovirus ( virus penyebab campak ).

Jeruk

Kehilangan nafsu makan, rasa haus yang berlebihan dan dehidrasi adalah beberapa gejala umum dari penyakit campak. Jeruk adalah salah satu makanan terbaik untuk orang yang menderita campak.
Seseorang yang menderita penyakit campak membutuhkan istirahat sebanyak mungkin dan mengurangi aktivitas fisiknya, sehingga dapat pulih dan sehat dengan cepat. (Anai)

Share

Video Popular