- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Makanan Warna Hitam Memperkuat Ginjal dan Menambah Darah

Mui hitam, murbei hitam, prem hitam, jamur kuping hitam , tripang (haisom) dan lain lain, adalah makanan berwarna hitam yang dapat memperkuat dan memelihara ginjal serta menambah darah memperkuat energy tubuh.

Berikut penjelasan manfaat beberapa makanan hitam tersebut :

Mui hitam (sejenis buah prem hitam)

Baunya harum, rasanya asam manis. Rebuslah air dan mui dengan api kecil kira kira selama 40 menit, lalu tambahkan kui hua (Osmanthus fragrans / zaitun teh / zaitun manis) dan gula, setelah dingin jadilah sirup kui hua mui. Sirup berwarna hitam, baunya harum rasanya manis asam.

Mui hitam kering dapat diperoleh di toko-toko obat tradisional Tiongkok. Sewaktu memasak harus dengan api kecil, kui hua harus dimasukan terakhir, sebelum masak rendamlah mui hitam terlebih dahulu selama kira kira 1 jam.

Sirup kui hua mui mengandung vitamin B, C, E, asam hydroxy, asam sitrus, zat besi, zat fosfor (P) dan lain-lain.

Sewaktu diminum akan terasa asam harum, ketika dalam keadaan gelisah (stres) boleh minum agak banyak, bisa membuat mulut Anda penuh dengan air liur, manik mata menjadi hitam, rambut menjadi lembut berkilau dan menjadikan orang muda berseri.

Murbei hitam

Bisa dibuat dalam bentuk puding murbei, kue tart murbei, sebagai campuran salad dan lain sebagainya.

Rasanya asam dan mengandung banyak sari berupa cairan, apabila sering mengonsumsinya dapat membuat mata bersinar-sinar rambut menjadi padat tebal.

Murbei hitam ini sifatnya agak dingin, gadis pada masa menstruasi harus mengurangi makan buah ini, untuk menghindari faktor dingin yang berlebihan, yang dapat mengakibatkan sakit perut.

Buah prem hitam

Bisa untuk membuat bermacam-macam rangkaian buah, camilan dan selai. Jika setelah makan nasi sering mengonsumsi sedikit buah prem hitam , lambat laun bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit kepala seperti gatal-gatal, rambut rontok, ketombe.

Buah prem yang beraneka warna, semuanya mempunyai ciri khas dengan rasa yang manis harum dan empuk, enak dimakan , banyak mengandung pengurai asam animo, protein, serat dan lain sebagainya.

Sinshe Tiongkok mengatakan buah prem hitam dapat membersihkan liver (hati), menghilangkan panas dan melancarkan peredaran darah , menghasilkan sari pati hidup.

Raspberry

Bisa dibuat selai atau puding. Rasanya asam manis lezat, menambah energi memperkuat ginjal, makanan terbaik yang bermanfaat bagi pria maupun wanita.

Dalam buku pengobatan Tiongkok kuno raspberry bermanfaat untuk, menyegarkan otot kulit, menenangkan 5 organ dalam tubuh, menghangatkan tubuh memperkuat energi mengobati luka-luka dan energi lemah, memperkuat liver (hati) mata menjadi terang.

Kedelai hitam

Kedelai hitam dapat melancarkan darah menghaluskan kulit. Kedelai hitam diberi garam, masak hingga matang, dapat dijadikan sebagai camilan, dapat memperkuat ginjal dan memelihara rambut.

Ilmu kedokteran modern membuktikan, kedelai hitam yang kaya akan hormon dan nutrisi, dapat membuat otot dan kulit tubuh lebih elastis, mengurangi terjadinya pigmentasi, makan pada jangka waktu panjang bisa memperbaiki kualitas rambut, membuat rambut hitam dan subur, kulit menjadi putih mulus.

Orang jaman kuno menganggap kedelai hitam adalah tempurung ginjal, bentuk dan warnanya seperti ginjal, mempunyai fungsi tinggi utk memperkuat dan memelihara ginjal.

Wijen hitam

Wijen hitam adalah makanan bergizi yang sudah dikenal, mengandung aneka macam gula, lesitin, unsur wijen, sesamol, kalsium, magnesium, protein dan lain sebagainya. Di dalam buku Tiongkok kuno (Shen Nong Ben Chao Jing) disebutkan wijen dapat memperkuat energi, pertumbuhan otot, kulit menjadi lembut.

Jamur kuping hitam

Jamur kuping bisa mengurangi dahak, memperkuat energi bermanfaat bagi kecerdasan, menghilangkan kekeringan mengkuatkan tubuh, menyuburkan rambut, melancarkan darah, merawat lambung, dan yang lebih penting dapat menyapu bersih aneka macam sampah beracun di dalam tubuh anda.

Haisom

Haisom menyehatkan tubuh, bisa dibuat aneka masakan lezat. Mengandung banyak vitamin dan mikronutrien, asam sulfur chondroitin, protein, lemak, yodium, Rasanya asin, bisa membuat wajah Anda lebih berseri-seri, rambut menjadi hitam, menambah darah menyegarkan kulit, memperkuat energi dan memelihara ginjal, serta mengkokohkan sari pati kehidupan. (Foe)