Selain menyegarkan dan melepas dahaga bagi yang suka minum bir, nutrisi unik dalam kandungan bir, ternyata memiliki efek yang tidak diketahui banyka orang. Lain kali jika ada sisa minuman bir di dalam kulkas, jangan membuangnya begitu saja. Asal tahu saja, ia memiliki banyak khasiat yang tak terduga dalam keseharian kita.

1. Bir dapat mengkilaukan rambut, menghilangkan ketombe: Ingin menambah pesona Anda! Cukup siapkan 3 sendok makan bir ditambah setengah gelas air. Seusai keramas, lumuri rambut Anda secara merata dengan campuran bir dan air, setelah itu diamkan sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Bir mengandung vitamin B kompleks dan protein yang dapat memperbaiki rambut rusak dan menutrisi kulit, tidak perlu khawatir dengan sisa aroma bir, karena bisa dihilangkan dengan air.

2. Membersihkan sekaligus merawat kebersihan panci: Tuang bir segar secukupnya ke dalam panci, kemudian direbus selama 5 – 10 menit. Karbonasi dapat mencegah partikel makanan menempel di permukaan panci, dan menjaga aroma lembut bir, bisa menambah cita rasa hidangan yang dimasak.

3. Mengembalikan kilau perhiasan emas : Jika kalung emas Anda terlihat buram dan pudar, sementara Anda tidak punya bahan pemoles untuk mengkilaukannya. Coba tuang sedikit bir (bir bening atau bir amber, jangan menggunakan bir hitam) ke kain yang lembut, lalu gosok perhiasan Anda, setelah itu lap dengan kain yang bersih dan lembut. Bir mengandung asam karbonat yang bisa melarutkan lemak dan kotoran, yang bisa membuat perhiasan Anda bersinar kembali.

4. Mempercepat pertumbuhan rumput : Tukang kebun profesional merekomendasikan menuangkan bir ke titik yang terinfeksi jamur (boleh juga disemprot ). Karbonasi bir dapat membasmi jamur, sementara itu, fermentasi gulanya dapat mempercepat pertumbuhan rumput yang sehat.

5. Memperindah mebel kayu : Warna mebel kayu Anda agak pudar dan tampak kotor. Tak perlu risau, Anda bisa gunakan cara cepat untuk mengatasi seperti itu. Lap mebel Anda dengan sepotong kain yang dibasahi bir, kemudian lap kering dengan kain kering yang bersih. Busa bir dapat membersihkan kotoran (debu) yang menempel, dan memperkaya warna pada mebel Anda, alkohol bisa meningkatkan cahaya kilau barang-barang kesayangan Anda

6. Membersihkan karat: Tutupi dengan kain lap yang telah direndam dengan bir di titik yang berkarat sekitar 1 jam, asam karbonat bisa melarutkan karat, membuat barang-barang yang berkarat terlihat seperti baru.

7. Meningkatkan kelembutan dan kesegaran daging : Masukkan barbekyu ke dalam zipper bag (kantong ber-ritsleting), lalu tuangkan sekaleng bir dan rendam, sebelum diolah (masak), simpan dulu di dalam kulkas dalam keadaan tertutup rapat sekitar 1 jam. Asam karbonat bir akan melembutkan serat otot, sehingga daging tidak akan terlalu alot. Bir bukan saus perendam asam, karena itu, tidak akan menebarkan aroma yang tajam.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular