Jakarta – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengimbau kepada para pemudik untuk tetap menjaga stamina mereka saat pulang ke kampung halaman masing-masing merayakan Idul Fitri 1436 Hijriyah. Bagi para para pengendera diminta untuk memperhatikannya dengan baik dikarenakan faktor terjadi kecelakaan diantaranya karena kelelahan saat berkendera.

“Banyak kecelakaan misalnya dari Palimanan ke Cikopo yang mana jalur lama tersendat, kini lancar dan tingkat kelelahan tinggi,” kata Kapolri beberapa waktu lalu di Mabes Polri.

Oleh karena itu, lanjut Kapolri, sudah disiapkan beberapa lokasi yang diharapkan bagi para pemudik untuk beristirahat. Penyediaan Res Area ini diharapkan dimanfaatkan sebaik-baiknya akibat kelelahan dari lamanya perjalanan pemudik.

Kapolri memaklumi menjelang lebaran masih adanya pemudik yang menggunakan motor sebagai kenderaan saat mudik. Ia menilai adanya kebahagian tersendiri bagi para pemudik untuk beramai-ramai menaiki kenderaan bermotor. Tentunya, imbuh Kapolr, kepolisian tidak bisa serta merta melarang bagi pemudik untuk mengenderai kenderaan motor saat mudik.

Namun demikian, pihak kepolisian mengimbau kepada para pengguna lalu lintas darat untuk tetap mematuhi dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Polisi tetap berkomitmen mengatur lalu lintas agar tidak ada gangguan saat bekendera.

Sebelum berangkat untuk mudik, Kapolri mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan keselamatan berkendera dengan memperhatikan kesiapan kenderaan. Mulai dari ban, rem dan semua pendukung kelancaraan kenderaan untuk mudik.

Kapolri juga mengimbau kepada pemudik untuk tetap bersabar saat berkendera. Para pemyudik diminta untuk tidak memaksa diri untuk mencapai ke tempat tujuan. Ketahanan fisik, lanjut Kapolr, perlu diperhatikan agar bisa sampai tempat tujuan dengan baik.

“Dicek betul itu kesiapanan kendaraannya, kalau motor ada chek point, rest area, yang sabar mengemudi,” ujarnya

Share

Video Popular