Volvo menghadirkan konsep baru untuk kursi bayi pada mobil. Syaratnya adalah Anda punya uang untuk membeli 2016 XC90 “Excellence” edition, yang merupakan versi SUV XC90 7-penumpang dengan ruang kaki yang lebih luas dari ukuran normalnya.

Satu-satunya perbedaan utama adalah adanya kursi bayi yang dapat diputar menghadap ke belakang. Kursi bayi ini tepat pada posisi di mana penumpang depan biasanya duduk.

Saya harus katakan, ini terlihat aneh, tetapi jika Anda pernah mengajak anak bepergian, Anda tentu tahu betapa sulitnya untuk meletakkan bayi pada kapsul yang biasanya ada di kursi belakang.

Menurut Wired, Volvo ingin menurunkan angka kecelakaan fatal melalui mobil baru mereka pada tahun 2020. Visi ini coba direalisasikan dengan beberapa pendekatan. Volvo telah bekerja keras mengembangkan teknologi kemudi otomatis. Program uji coba dengan penumpang rencananya akan dilakukan pada tahun 2017.

Selain itu, Volvo juga telah melakukan penelitian tambahan tentang penumpang anak-anak. Pada usia tertentu, anak-anak harus memiliki kursi khusus, dan muncul konsep untuk melengkapi kendaraan mereka dengan bantalan yang terintegrasi khusus. Mereka mengatakan anak kecil, usia 3 atau 4 tahun, harus melakukan perjalanan menghadap ke belakang, karena kurangnya kekuatan otot di leher mereka, serta ukuran kepala dan berat yang tidak proporsional dalam kaitannya dengan tubuh

Tisha Johnson, Kepala Desainer Interior Volvo, mengatakan dalam siaran pers: “Mampu mempertahankan kontak mata dengan anak dari kursi belakang … akan sejalan dengan kemudahan orang tua membawa anak kecil di perjalanan. Pengaturan tempat duduk alternatif ini akan menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi menuju kendaraan kendali otomatis.”

“Kami fokus pada tiga manfaat utama, yakni untuk memudahkan anak masuk dan keluar kursi dari perspektif ergonomis dan kenyamanan, menyediakan anak posisi duduk menghadap ke belakang yang aman dan memungkinkan untuk menjaga kontak mata dengan pengemudi atau penumpang belakang, dan yang terakhir tentu saja menyediakan ruang penyimpanan yang cukup bagi aksesoris vital anak, seperti popok, botol, tisu, dan sebagainya,” tambah Johnson.

Sekarang, inovasi ini masih ada pada tahap konsep. Ini akan menjadi semakin menarik ketika Volvo bisa mengembangkan konsep ini lebih jauh lagi untuk kendaraan masa depan mereka. (Visiontimes.com/TroyOakes/Dpr)

Share

Video Popular