Jakarta – Hari pertama sekolah untuk Tahun Ajaran 2015/2016 dimulai dengan upacara di setiap sekolah seluruh Indonesia pada hari ini, Senin (27/7/2015). Bersamaan memasuki ajaran baru mulai tingkat Sekolah Dasar adalah barisan generasi muda bangsa Indonesia untuk menyongsong masa depan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan juga harus meningkatkan ketauladanan dan budi pekerti.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan mengatakan berkumpulnya para siswa pada hari ini bermkana merupakan barisan generasi bangsa Indonesia. Mereka bertujuan untuk menyongsong kegemilangan bangsa Indonesia.

“Berkumpulnya barisan besar ini adalah barisan anak bangsa yang sedang bergerak bersama mendorong kemajuan dan menyongsong masa depan gemilang untuk negeri ini,” kata Mendikbud yang juga dibacakan seluruh kepala sekolah di Indonesia.

Menteri Anies Baswedan, didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemdikbud, Hamid Muhammad, pada hari ini mengunjungi SD Negeri 01, 06, dan 07 Pagi Lebak Bulus, Jakarta. Pada kesempatan itu, kepada para siswa berpesan untuk memperbarui semangat belajar serta belajar dengan sungguh-sungguh. Ia menyampaikan para siswa adalah pemilik masa depan Republik tercinta ini. Tidak hanya sekedar pewaris, tapi masa depan bangsa ini berada. Usaha ini harus diraih melalui kerja keras dan perjuangan, dimulai dari bangku sekolah.

Kepada Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan, Menteri Anies mengingatkan, anak-anak didik yang hadir adalah amanah dari orang tua dan bangsa. Mereka percayakan pada Ibu dan Bapak Guru untuk mendidik, mencerdaskan dan mencerahkan mereka.

Menteri Anies dalam sambutan mengajak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan menyadari bahwa bukan hanya para siswa, tetapi semua elemen bangsa harus bisa dan harus tetap menjadi pembelajar.

Dia mengajak untuk bersama-sama tumbuh kembangkan anak didik bukan saja untuk meraih angka-angka tinggi di tiap mata pelajaran, tapi mari memberikan pada mereka keteladanan dalam berbudi pekerti serta tumbuhkan karakter kepemimpinan para siswa.

Setiap sekolah, lanjut Menteri Anies untuk membangun budaya sekolah yang bisa menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi efektif, bekerja sama dan berkreativitas bagi semua anak didik. Mulai saat ini, tambah dia, untuk bersama-sama kuatkan jalinan silaturahmi sekolah dengan keluarga melalui interaksi yang baik dan rutin antara Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Orang Tua/Wali.

Dalam rangka menuju cita-cita yang mulia, Menteri Anies mengajak mengembangkan melalui kegiatan intra-kurikular, ekstra-kurikuler maupun kegiatan non-kurikuler. Apalagi Republik ini membutuhkan generasi baru yang bisa menjawab dan memenangkan tantangan di jamannya nanti.

“Usaha penumbuhan budi pekerti ini, mari kita libatkan orangtua secara dekat, karena Orangtua dan Guru adalah mitra yang perlu bergandengan tangan saat menuntun tumbuh kembang siswa,” katanya.

Share

Video Popular