Zhuang Zhengming

Pertemuan di Beidaihe antar pejabat senior Partai Komunis Tiongkok (PKT) sambil berliburan musim panas sedang menjadi topik hangat dan banyak dibahas masyarakat. Baru-baru ini media asing berbahasa Mandarin mengungkapkan bahwa pertemuan tertutup di Beidaihe tahun ini akan ditiadakan. Pertemuan yang di masa lalu sering dimanfaatkan untuk mengambil keputusan politik substantif lebih-lebih tidak akan dilakukan. Di bawah pimpinan Ketua PKT Xi Jinping, pertemuan tertutup antar kalangan atas di Beidaihe sedang dialihkan menjadi pertemuan untuk semata menikmati liburan musim panas.

Setiap musim panas pada Juli – Agustus, para pemimpin senior PKT baik yang aktif maupun yang mantan biasanya akan diundang ke Beidaihe untuk berlibur musim panas sambil ‘berdialog’ dalam ruang tertutup. Pertemuan tertutup sering dimanfaatkan untuk menetapkan isu-isu utama internal partai dan mengambil keputusan politik yang substantif. Oleh karena itu, kalangan masyarakat sering menggunakannya sebagai petunjuk untuk mengamati perkembangan politik PKT. Sebelumnya tersebar isu yang bersumber dari media asing bahwa pertemuan Beidaihe tahun ini direncanakan akan membahas masalah program pengembangan ekonomi 135, pergantian personil dalam kabinet serta reformasi dalam tubuh militer.

Laporan media DuoWei News pada 30 Juli 2015 mengutip beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pertemuan Beidaihe tahun ini tidak akan mengambil keputusan politik dan personil, serta tidak untuk mengatur pertemuan khusus yang membahas berbagai masalah hangat yang diisukan di luar. Di bawah kepemimpinan Xi Jinping, sifat dari pertemuan Beidaihe sedang dalam perubahan menjadi saat untuk berlibur musim panas, berekreasi sampai kongkow-kongkow antar pimpinan.

Sumber mengatakan bahwa keputusan personil penting tidak akan dibahas selama pertemuan Beidaihe tahun ini. ‘Ini bukan gaya kepemimpinan Xi Jinping’. Program pembangunan ekonomi 135 yang merupakan hasil Sidang Paripurna ke 15 PKT sudah dibahas oleh Xi Jinping bersama pejabat terkait dalam pertemuan lainnya sehingga tidak dipandang perlu untuk dikemukakan lagi dalam pertemuan Beidaihe. Selain itu, PKT juga tidak akan mengumumkan perubahan pejabat penting untuk Beijing dan Shanghai sebelum Oktober mendatang.

Laporan juga menyebutkan bahwa sejak kepemimpinan PKT generasi kelima, pertemuan Beidaihe mulai beralih kembali ke tujuan semula yang lebih bersifat berkumpul dengan para pejabat tinggi PKT baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun dalam libur musim panas, paling-paling adalah diskusi sambil memelihara hubungan antar individu pejabat teras.

Pertemuan Beidaihe di waktu lalu kerap memunculkan isu-isu seperti adanya perselisihan sengit antar pejabat tinggi. Kabarnya, keputusan untuk menangkap Zhou Yongkang juga ‘dihasilkan’ dari pertemuan kongkow-kongkow para pejabat dalam ruang tertutup. Juga kabarnya Zhou Yongkang telah mengatur suatu pembunuhan terhadap Xi Jinping dalam pertemuan di Beidaihe pada 2012.

Belum lama ini media menyebarkan desas-desus yang menyebutkan bahwa Jiang Zemin dan Zeng Qinghong akan melakukan ‘buka-bukaan kartu’, meminta ‘pertanggung jawaban’ Xi Jinping atas pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan masalah jatuhnya harga saham di bursa. Kabarnya, kelompok Jiang akan menggunakan isu ekonomi untuk melancarkan serangan terhadap Xi Jinping, memaksa Xi menghentikan proyek ‘berburu harimau’ bahkan mendesak Xi Jinping untuk menyerhkan kekuasaan. Beberapa media di luar negeri berpendapat bahwa jatuhnya pasar saham Tiongkok dalam bulan-bulan terakhir ini berkaitan erat dengan tindakan sengaja yang dilakukan oleh kelompok Jiang Zemin untuk menjatuhkan Xi.

Namun ada media yang mengabarkan bahwa menghadapi pertemuan Beidaihe tahun ini, Xi Jinping telah mempersiapkan sebuah daftar nama anggota kabinet yang posisinya masih bersifat fkeksibel untuk memberikan keleluasaan dalam mempromosi atau demosi. Di antaranya terdapat nama seorang Komite Tetap Politbiro PKT, Zhang Gaoli yang merupakan antek Jiang Zemin.

Perselisihan antar kedua kubu Xi Jinping dengan Jiang Zemin tampaknya kian memanas, saat ‘perburuan harimau’ sudah kian dekat dengan Jiang dan Zeng, apa yang akan terjadi dalam pertemuan Beidaihe tahun ini? (sinatra/rmat)

Share

Video Popular