Jakarta – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 mendapat uacapan selamat dari Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan Rakayat Amerika Serikat. Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

“Atas nama Presiden Barack Obama dan rakyat Amerika Serikat (AS), saya ingin mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas ulang tahun ke-70 kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Kerry, dalam keterangan tertulis Kedubes AS, Sabtu (15/8/2015).

Kerry dalam keterangannya memuji demokrasi dan keberagaman serta toleransi beragama yang terjadi di Indonesia. Dia berharap fakta yang terjadi di Indonesia secara langsung menjadi contoh bagi negara-negara di Asia Fasifik termasuk di dunia. Termasuk dalam tatanan kepemimpinan dunia global di tengah demokrasi yang dianggap baik tumbuh di Indonesia.

“Ketika berkunjung ke Indonesia, saya menyaksikan sendiri bagaimana demokrasi yang tumbuh subur, toleransi beragama, keragaman, dan kepemimpinan dalam tingkat global menjadi landasan kesuksesan Indonesia dan menjadi contoh bagi Asia Pasifik dan seluruh dunia,” lanjutnya.

Kerry menambahkan, hubungan yang baik antar kedua negara diharapkan membuat komitmen jangka panjang untuk mempererat kemitraan bilateral dan untuk mengatasi masalah regional dan global. Hal ini, lanjut Kerry, menunjukkan arti penting hubungan AS-Indonesia bagi Ameerika serikat, baik sebagai pemimpin di Asia maupun di dunia.

“Saya berharap kita dapat bekerja sama lebih erat lagi, dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat di penghujung tahun ini,” sebut Kerry.

“Kepada rakyat Indonesia di seluruh dunia, kami ucapkan selamat merayakan HUT Kemerdekaan RI, dan semoga Indonesia senantiasa damai dan makmur,” tambahnya.

Share

Video Popular