Jakarta – Lokasi jatuhnya badan pesawat jatuhnya Trigana Air sudah berhasil ditemukan. Pesawat yang hilang sejak Minggu siang (16/8/2015) ditemukan di daratan yang berjarak 7 nautical mil, atau 12 kilometer dari Bandar Udara Oksibil, Papua.

Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan koordinat lokasi penemuan serpihan tersebut yaitu 04 derajat 49 menit selatan, dan 140 derajat 29 menit 953 detik timur, pada ketinggian 8500 jarak 7 NM (Nautical Mil) dari Bandara Oksibil.

Menurut Soelistyo, dua posko sudah disiapkan oleh Basrnas yang berada di Oksibil dan Jayapura, Papua. Evakuasi korban, lanjutnya, sudah disiapkan oleh Basrnas terhadap korban di lokasi jatuhnya Trigana.

“Dua posko antara lain Posko Taktis di Bandara Oksibil dan Posko di Jayapura khusus untuk operasi SAR di Base Operasi Landasan Udara Jayapura,” ujar Soelistyo dalam rilisnya diterima di Jakarta, Senin (17/8/2015).

Pesawat milik PT Trigana Air Service dengan nomor penerbangan IL-257 hilang kontak saat penerbangan Jayapura-Oksibil, Minggu (16/8/2015). Pesawat itu lepas landas pada pukul 14.22 WIT dari Bandara Sentani, Jayapura, dengan tujuan Bandara Oksibil. Pesawat jenis ATR ini diperkirakan tiba di Oksibil pada pukul 15.04 WIT.

Pesawat ini disebutkan membawa sebanyak 54 orang. Mereka terdiri dari 5 kru dan 49 penumpang. Sebelumnya pada pukul 15.00 WIT, pihak menara Bandara Oksibil sudah melakukan kontak dengan pesawat, namun tidak ada jawaban.

Upaya dilakukan pihak bandara tidak hanya sekedar menghubungi pesawat, pada pukul 15.30 WIT, pesawat ATR PK YRR dengan pilot Kapten Agus terbang menuju lokasi saat pesawat itu hilang kontak. Namun tidak ditemukan obyek dugaan keberadaan pesawat itu. Hingga akhirnya ATR PK YRR mendarat ke Bandara Sentani sedangkan cuaca kondisi gelap.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo mengatakan sudah memperoleh laporan ada pesawat yang menabrak Gunung Pango di Pegunungan Bintang. Laporan itu, lanjut dia, disampaikan oleh masyarakat

Share

Video Popular