Yang Yifan

Setelah insiden ledakan dan kebakaran hebat di Tianjin, Tiongkok satu gudang yang digunakan untuk penimbunan karet dan kayu dekat sebuah SPBU di kota Qingdao terbakar hebat pada Minggu (16/8/2015). Asap yang hitam pekat mengepul dari lokasi kejadian dengan api yang berkobar besar belum dapat dipadamkan hingga jam 10 malam itu. Masyarakat menduga insiden yang terjadi secara beruntun itu memiliki unsur kesengajaan.

Media pemerintah ’China News Service’ pada 16 Agustus 2015 melaporkan, menurut berita yang dirilis petugas Departemen Propaganda Zona Ekonomi dan Pengembangan Teknologi wilayah Huangdao, Qingdao bahwa api mulai berkobar sekitar pukul 7 malam waktu setempat, dari sebuah gudang penimbunan karet dan kayu yang berlokasi di Huangzhang Road.

Gudang itu terbakar hebat, asap yang hitam pekat terus membumbung dan api berkobar sampai puluhan meter tingginya, demikian tulis media resmi PKT (Partai Komunis Tiongkok) dalam situsnya people.com pada 16 Agustus 2015 malam.

Menurut warga kota Qingdao bermarga Guan melukiskan, api berasal dari sebuah gudang penimbunan milik perusahaan industri yang hanya berjarak sekitar 50-an meter dari sebuah SPBU. Begitu kobaran api bertambah besar, warga langsung berhamburan keluar dari tempat tinggal mereka dan mengungsi ke tempat-tempat aman. Laporan menambahkan bahwa api yang telah berkobar selama lebih 3 jam belum berhasil dikuasai hingga pukul 22:40 waktu setempat.

Netizen: Serangkaian kebakaran berkaitan erat dengan sengketa di internal PKT. Ada unsur kesengajaan

Pengguna internet mempertanyakan, soal bagaimana situasi akhir-akhir ini? Habis insiden ledakan Tianjin timbul kebakaran Qingdao? Apakah ada pihak yang sengaja melakukan tindakan melanggar hukum dan melawan arus? Adakah campur tangan dari pihak tertentu? Apakah ini merupakan indikasi suatu serangan balik?

Sebagian lagi netizen berpendapat bahwa api berkobar berkaitan erat dengan situasi politik. Masalah yang timbul silih berganti di bulan Agustus ini memicu orang berpendapat tentang adanya unsur kesengajaan di dalamnya. Kelihatannya sudah diatur oleh ‘tangan hitam besar’ yang mengerikan. Mereka sedang meronta-ronta agar terhindar dari kematian. Untuk itu mereka mendeklarasi perang, melakukan perlawanan.

Ada juga netizen yang menuliskan pendapatnya, “Langit akan berubah. Langkah besar akan bisa dilihat di hari-hari setelah parade militer nanti. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular