Oleh: Zhuang Zhengming

Menjelang parade militer terbesar Tiongkok yang akan diselenggarakan pada 3 September 2015 mendatang, tingkat keamanan kota Beijing mendapat perhatian serius dari pemerintah. Akhir-akhir ini tersebar kabar burung bahwa para antek dari pejabat korup yang sudah tertangkap dan dipecat mungkin akan memanfaatkan masa sensitif ini untuk berbuat beberapa sensasi. Demi pengamanan kota, mungkin Dinas Keamanan & Ketertiban Publik menghendaki pendataan tamu yang makan dalam restoran atau rumah-rumah makan di pusat kota Beijing.

Foto di atas diambil oleh seorang netizen dan dipublikasikan dalam mikroblognya pada 17 Agustus 2015 malam. Ia menyebut bahwa foto pengumuman itu diambil dalam ruang salah satu restoran di sekitar Lapangan Tiananmen, bunyinya: “Pengumuman. Sesuai permintaan Dinas Keamanan & Ketertiban Publik dalam menyambut gladi resik parade militer, Anda diminta untuk mendatakan diri sesuai kartu identitas dan meninggalkan nomor ponsel Anda sebelum melakukan pemesanan makanan. Terima kasih atas kerjasamanya.”

Baru-baru ini pihak keamanan terus berupaya untuk meningkatkan pengamanan kota Beijing dengan menerapkan pengontrolan yang paling ketat selama ini terhadap kendaraan yang akan masuk kota serta beberapa ketentuan dan batasannya. Seperti kendaraan luar kota tidak diperkenankan untuk memasuki wilayah dalam dari Ringroad Kelima, dan kendaraan truck tidak boleh memasuki wilayah dalam dari Ringroad Keenam mulai 20 Agustus 2015. Dan pada 2 hingga 3 September nanti, daerah sekitar Lapangan Tiananmen, Wangfujing serta Qianmen akan ditutup untuk umum.

Mulai 15 Agustus – 5 September 2015, langit Beijing tertutup untuk permaian pesawat yang menggunakan remote control, pelepasan balon gas dan lainnya. Para kurir yang menghantarkan pos, paket atau makanan pesanan dan sebagainya perlu didata sebelumnya dan mengantongi ‘surat jalan’.

Kedua, Bandara di Beijing juga akan menghentikan seluruh penerbangan baik dari dan ke Beijing pada 3 September 2015 mulai pukul 09:30 s/d 12:30 waktu setempat.

Selain itu, sejumlah peralatan keamanan untuk pendeteksian bahan peledak, senjata akan dipasang di berbagai lokasi sekitar Lapangan Tiananmen. Anggota dan kendaraan militer yang melintasi pusat kota Beijing harus memiliki ‘Surat Jalan’, pengawasan keamanan yang ketat juga diperlakukan terhadap kendaraan militer yang datang dari luar kota Beijing.

Media asing berbahasa Mandarin pada 12 Agustus 2015 mengutip sumber yang dekat dengan Zhongnanhai mengungkapkan bahwa Kepala Markas Besar Partai Komunis Tiongkok (PKT) Li Zhanshu mengambil kesimpulan setelah menerima info yang terkumpul dari berbagai daerah kemudian melaporkan kepada pusat pemerintahan bahwa, beberapa oknum akan memanfaatkan masa sensitif ini untuk berbuat beberapa sensasi.

Sumber kemudian juga mengatakan bahwa dengan makin berhasilnya Xi Jinping dan Wang Qishan dalam membasmi korupsi, sebagian besar koruptor kakap sudah berhasil ditangkap. Namun kedua pimpinan itu kini kian menjadi incaran, duri dalam mata para pengikut dari koruptor. Selama sistem pemerintahan dan internal Partai belum dibersihkan secara tuntas, bisa saja mereka akan melakukan sesuatu yang dapat merugikan bangsa dan negara. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular