Pada 28 Mei 2015 sebuah pesawat terbang Rusia memasuki udara perkotaan Beijing. Banyak warga kota mengaku mendengar suara deruan mesin pesawat yang relatif besar. Pejabat pemerintah mengatakan bahwa pesawat itu salah mengambil jalur sehingga memasuki udara perkotaan. Ada netizen yang menulis, “Pantas, beberapa hari lalu pejabat militer AS dalam komentarnya mengatakan bahwa pesawat tempur AS bisa memasuki udara Beijing dengan mudah.”

Harian Pemuda Beijing melaporkan, pesawat penumpang Rusia dengan nomor penerbangan UN8888 dari Beijing menuju Moskow memasuki udara tengah kota Beijing sekitar pukul 01:20. Pesawat itu melintasi udara Ring Road 3, Pintu Gerbang Timur, WTC Beijing. Karena pesawat terbang dengan ketinggian yang relatif rendah, sehingga banyak warga mendengar suara deruan mesin pesawat yang cukup keras.

Ada warga Beijing yang berkata, “Suara mesin pesawat terlalu dekat seperti terbang di atas kepala, membuat aku takut”.

Menurut reporter media yang mendapat berita dari sumber yang kompeten menggambarkan, pesawat penumpang itu setelah lepas landas dari Bandara Internasional Capital Beijing harus terbang terlebih dahulu ke selatan, baru berbelok ke timur untuk kemudian terbang menuju utara. Tetapi pesawat ini membelok dari selatan ke barat tak lama setelah lepas landas sehingga memasuki udara perkotaan. Petugas pengendali penerbangan segera memberitahu pilot untuk mengubah arah penerbangan begitu kesalahan itu dibuat. Beruntung kesalahan itu bisa ditemukan cepat sehingga tidak menyebabkan banyak dampak.

Situs resmi Bandara Beijing menerangkan bahwa pesawat penumpang itu berangkat dari Bandara Beijing menuju Moskow pada pukul 01:17 waktu setempat.

Insiden kecil ini banyak mengundang cemooh netizen terhadap sistem keamanan penerbangan Beijing setelah seseorang memberitakannya melalui internet.

Komentar Para Netizen

“Sistem pengamanan penerbang di Beijing ternyata begitu lemah, pantas beberapa hari lalu pejabat militer AS mengatakan pesawat tempur AS sudah di atas udara Beijing, mereka pun belum tahu kalau tidak diberitahu lebih awal. Saya pikir pejabat AS itu membual, tampaknya itu benar-benar bisa terjadi.”

“Benar atau tidak? Bagaimana negara dengan pertahanan semacam ini?”

“Ada juga netizen yang menuduh militer korupsi, mengatakan bahwa mungkin ada pejabat yang harus dilengserkan karena kelalaiannya dalam bertugas”.

“Apakah Ini adalah salah satu bukti tidak langsung adanya korupsi dalam tubuh militer ?”

“Mungkin mau melengserkan seseorang!”

“Ada pejabat militer yang akan diturunkan dari jabatan.” (Sinatra/rmat)

Share
Kategori: INTERNATIONAL

Video Popular