Kesehatan, jenis makanan anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh, makanan anti inflamasi, makanan meningkatkan kekebalan tubuh, anti inflamasi, kekebalan tubuh Mengonsumsi makanan yang mengandung zat anti inflamasi selain membuat kulit wajah tampak lebih cerah juga membawa manfaat bagi persendian.  6 jenis makanan yang mengandung zat anti inflamasi berikut baik untuk sering dikonsumsi karena mereka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat struktur tulang dan mengurngi risiko radang pada persendian.

1.Ikan

Ikan-ikan seperti salmon, tuna, tenggiri dan ikan mas hitam kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai anti inflamasi, terutama bermanfaat bagi pasien dengan penyakit rheumatoid arthritis (peradangan kronis pada pesendian yang menyebabkan bengkak, rasa kaku dan sakit). Para ahli merekomendasikan  agar mengonsumsi 3-4 ons  ikan setiap minggunya.

 2.Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan vitamin K dan C, serta senyawa yang disebut sulforaphane yang membantu mencegah atau memperlambat osteoarthritis (peradangan sendi). Brokoli juga mengandung zat kalsium yang dibutuhkan tulang, juga vitamin C yang bisa mengurangi rasa sakit, mengurangi stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik.

 3.hijau

Teh hijau mengandung polyphenois yang antioksidan, selain berfungsi untuk anti inflamasi, juga bisa memperlambat kerusakan tulang rawan. Hasil penelitian menemukan zat antioksidan lain yakni EGCG juga terkandung dalam teh hijau, zat ini bisa menghambat pertumbuhan molekul yang merusak sendi para pasien rheumatoid arthritis.

 4.Jahe

Selain untuk menekan rasa mual, jahe juga dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan olahraga dan mengurangi rasa sakit karena radang sendi. Para ahli sampai sekarang belum bisa mengidentifikasi zat kandungan apa yang membuat jahe memiliki ‘kinerja’ cukup baik dalam melakukan anti inflamasi, tapi itu diduga berasal dari kandungan bahan aktif jahe yang disebut gingerol.

 5.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang anti inflamasi, juga alpha linolenic acid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kenari mengandung asam lemak omega-3 tanaman yang paling terkonsentrasi, lebih dari sepuluh zat antioksidan jenis fitonutrien dan polifenol yang juga anti inflamasi.

 6.Kedelai

Kedelai mengandung fitonutrien anti inflamasi. Namun para peneliti secara khusus menjelaskan bahwa kedelai dapat mengurangi indikasi adanya peradangan C-reaktif protein yang merupakan berita baik bagi kesehatan jantung, karena C-reaktif protein dalam jumlah besar memiliki kaitan dengan penyakit kardiovaskular. Kedelai juga mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan zat anti inflamasi. (Secretchina /Sin/Yant)

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular