Makan terlampau kenyang, perut terasa pegah, membuncit dan kembung, orang biasa akan memilih berjalan-jalan sejenak untuk mempercepat proses pencernaan. Walau ada yang bermalas-malasan dan memilih rebahan di bangku santai.Sebuah teknik kesehatan kuno yang bisa membantu mempercepat pencernaan, sudah diyakini oleh banyak orang bahwa ia memiliki daya sembuh terhadap penyakit lambung, suatu metode latihan yang bila terus dipertahankan akan dapat berdampak positif terhadap kesehatan serta memperpanjang usia hidup.

Jongkok pengemis adalah cara yang dilakukan jaman dulu untuk beristirahat setelah makan. Ia sebaiknya langsung dilakukan begitu selesai makan. Cukup selama 15 menit karena memiliki efek paling tinggi. Ia juga bisa memicu organ untuk menyerap sari makanan atau nutrisi.

 Caranya :

1, Berdiri tegak membelakangi dinding lalu berjongkok dengan punggung tetap tegak menempel dinding. Pengganjal punggung boleh digunakan asal tidak terlampau lunak. (lihat gambar atas).

2, Pria berjongkok dengan sedikit merenggangkan kedua kaki, pantat diposisikan se bawah mungkin tetapi tidak sampai menyentuh lantai. Usahakan posisi pinggang, punggung dan kepala menjadi lurus.

3, Tangan membentuk formasi ‘telapak Konfusius’ dan diletakkan di atas lutut. (lihat gambar bawah)

4, Jangan bermain ponsel, berbicara atau aktivitas lainnya saat berjongkok, kecuali mengosongkan pikiran dan berkonsentrasi pada jongkok.

5, Wanita dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal setelah berjongkok tegak dengan kaki yang dirapakkan kemudian ibu jari kaki kanan ‘menginjak’ ibu jari kaki kiri. Lakukanjuga selama 15 menit.

 

Bersendawa atau mungkin kentut, merasakan geliatan daripada usus selama berjongkok adalah fenomena normal. Itulah faedah dari jongkok pengemis ini dan jangan sampai ditahan-tahan. Kaki mungkin saja terasa ‘semutan’ itu juga hal biasa. Sangat dianjurkan untuk berjongkok pengemis selama 15 menit, karena itu akan membuat peredaran darah berfungsi normal, menambah kekuatan kaki. Setelah selesai berjongkok baru melakukan sejenak jalan kaki santai.

Metode ini mudah, tanpa biaya tetapi memberikan eefek yang signifikan. Lebh-lebih dianjurkan kepada pasien dengan penyakit pencernaan kronis, asalkan tetap bertahan melakukan latihan ini, niscaya penyakitnya akan membaik.(Sin/Yant)

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular