Titik Lapzhen. Postur tubuh yang tidak benar dan kurang memperhatikaan kehangatan sewaktu tidur malam sering menjadi penyebab terjadinya leher kaku atau yang disebut salah bantal. (Fotolia)  Banyak orang pernah mengalami salah bantal sehingga leher terasa kaku bahkan sakit ketika menggerakkan  kepala. Aktivitas yang membutuhkan peregangan otot-otot leher dalam waktu  lama, ditambah dengan postur tubuh tidur yang tidak benar dan kurang memperhatikan kehangatan di daerah tersebut sewaktu tidur malam, paling mudah membuat orang terkena salah bantal.

Dengan memberikan pijatan pada titik akupunktur Laozhen selama 5 – 10 menit, rasa sakit yang ditimbulkan akibat salah bantal akan berkurang secara signifikan. Pemijatan pada titik akupuntur ini selain baik untuk mencegah penyakit serviks, juga untuk mengurangi rasa sakit di bagian lengan dan sakit akibat gangguan maag.

Titik akupunktur Laozhen

Titik akupunktur Laozhen ini akan terasa sakit untuk dipijit-pijit ketika leher kaku karena salah bantal.

Lokasi titik akupunktur Lapzhen :

Terletak di bagian punggung tangan, berada di antara tulang jari ke telunjun dan jari tengah dari tulang telapak (metacarpal), 1 cm di belakang sendi metacarpophalangeal. (lihat gambar atas)

Cara melakukan :

  1. Urut dari titik akupunktur Laozhen (berwarna merah pada gambar) menuju ke titik biru, untuk bagian leher yang kaku. Di tempat itu bisa ada rasa sakit.
  1. Kemudian tekan berulang-ulang titik akupunktur Laozhen dengan ibu jari.
  2. Sembari melakukan poin ke 2, leher yang kaku mulai digerakan : Kepala diulur sedikit ke depan kemudian ditarik agar dagu menempel ke bagian atas dada, lalu kepala digerakkan / digelengkan ke kiri kanan secara pelan-pelan, frekuensi bisa ditingkatkan sesuai dengan berkurangnya rasa kaku.

Selain mampu mengurangi gangguan leher kaku akibat salah bantal atau masuk angin, pemijatan pada titik akupuntur Laozhen juga bisa memperbaiki fungsi jantung dan paru-paru, meredakan rasa sakit pada tulang belakang.

Bila salah bantal sering terjadi, 3 kali dalam sebulan misalnya dan rasa kurang nyaman yang ditimbulkan pun berlangsung lama. Mungkin saja itu diakibatkan oleh masalah yang terletak di tulang belakang leher,  sebaiknya berkonsultasi ke dokter.(Sin/Yant)

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular