Hipertensi (darah tinggi) mudah menyebabkan penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung, stroke, aterosklerosis dan lain-lainnya. Untuk mencegah terjadinya hipertensi dokter biasanya akan menyarankan penderita agar memerhatikan pola makanan, menganjurkan berolahraga yang teratur,  juga menjaga agar pikiran selalu tenang, tidak bemosi. Hanya dengan memperhatikan irama  kehidupan diharapkan tekanan darah tetap terjaga stabil.

Namun untuk selalu mempraktekkan saran dokter bukanlah hal yang mudah. Andai saja ada anggota kerabat yang tekanan darahnya naik secara tiba-tiba dan kebetulan tidak tersedia obat hipertensi. Apa yang bisa Anda lakukan ? Coba praktekkan cara ini : Menggunakan telapak tangan untuk menepuk atau menggunakan jari tangan untuk memberikan tekanan berulang-ulang pada meridian Quchi, mudah-mudah hasilnya dapat langsung dirasakan.

Meridian Quchi terletak di bagian luar dari lipatan kulit siku (lihat gambar). Cara yang digunakan untuk memastikan tempatnya yaitu dengan membuat lengan atas dan bawah bersudut siku, meridian Qichi terletak di bagian luar dari lipatan kulit siku (terusan dari lipatan kulit siku) yang ada cekungan.

Melalui meridian ini berbagai penyakit dapat diatasi, meskipun yang paling langsung adalah untuk menurunkan tekanan darah. Kedokteran modern sekarang juga memanfaatkan meridian ini untuk mengobati penyakit seperti nyeri sendi, radang lambung, urtikaria (biduran), influenza dan sebagainya. Selain itu, meridian tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rhinitis alergi (alergi hidung) dan penyakit alergi kulit,

Tepukan-tepukan pada meridian Quchi dapat menurunkan tekanan darah yang sedang tinggi

Ketika tekanan darah pada penderita hipertensi sedang tinggi, kita dapat menggunakan tekanan pada meridian Quchi ini untuk melepas ketegangan sistem syaraf, membuat pernafasan lebih teratur, mencapai kedamaian hati. Dengan demikian tekanan darah yang tinggi akan cepat turun atau menjadi normal kembali. Meridian Quchi membantu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi sudah banyak terbukti. Dan hasilnya lebih manjur  dari pada pengobatan jangka panjang.

Para penderita hipertensi juga dapat menggunakan waktu antara pukul 06:00 – 10:00 dan pukul 15:00 – 17:00 dua periode waktu yang cukup rawan terhadap naiknya tekanan darah untuk menekan atau menepuk meridian ini agar tekanan darah tetap terJaga stabil. Lakukan tepukan atau tekanan secara berulang kali dengan tangan kanan untuk meridian Quchi kiri dan tangan kiri untuk  meridian Quchi kanan secara bergantian.

Mengatasi penyakit rubela (campak Jerman) dan menghilangkan rasa gatal

Rubela menimbulkan bintik-bintik pada permukaan kulit yang terasa gatal. Penyakit itu umumnya disebabkan oleh sekelompok angin (gas) patogen yang bertimbun di bawah lapisan kulit dan ‘mengotori’ darah. Atau disebabkan oleh kelebihan mangonsumsi makanan yang bergizi panas seperti seafood, sehingga  gastrointestinal harus mengakumulasi kalori panas berlebihan yang tidak bisa dilepas atau dibuang ke luar tubuh dan akhirnya tertimbun di kulit.

Karena Quchi tergabung dalam saluran meridian Yangming yang berhubungan dengan usus besar, jadi bisa digunakan untuk merangsang percepatan untuk melepas angin (gas) dan kelebihan panas, mempercepat metabolisme, meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati. Rasa gatal yang biasanya diderita oleh mereka yang terkena rubela (campak Jerman) entah yang disebabkan oleh timbunan panas berlebihan dari organ pencernaannya atau terkena serangan angin patogen dari luar,  akan dapat diatasi dalam waktu 5 menit setelah yang bersangkutan tepat menekan-nekan meridian ini.

Untuk melawan rhinitis alergi

Meridian Quchi memiliki kemampuan untuk detoksifikasi, melancarkan aliran darah dalam jaringan syaraf, melonggarkan pernafasan. Oleh karena itu ia bisa mengatasi gangguan yang timbul di hidung dan tenggorokan.

Bagi penderita rhinitis alergi atau hidung sensitif. Hidung sering mampet karena beringus, bersing-bersing, terasa gatal sampai keluar air mata sampai pernafasan terganggu ketika memasuki ruang berdebu atau bermesin pengatur udara, coba lebih sering memijit-mijit meridian ini untuk merangsangnya membantu mengurangi penderitaan. (Sin/Yant)

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular