Mengembangkan bisnis tentu keinginan bagi semua pengusaha. Namun bagaimana caranya? Internet, saat ini internet menjadi potensi emas meraih keuntungan sebesar-besarnya. Pengusaha dapat memaximalkan potensi internet dengan strategi SEO.

Apa itu SEO?

SEO atau search engine optimization adalah strategi untuk meningkatkan traffic website. Dengan memakai strategi SEO Anda dapat berada di posisi 1 pada hasil pencarian search engine. Menjadi nomor 1 akan memberikan banyak manfaat, berikut manfaat yang Anda dapatkan:

1. Peningkatan traffic, website Anda akan dikunjungi oleh ribuan orang (tergantung keyword yang Anda optimasi).

2. Kepercayaan, website Anda mendapat kepercayaan lebih dengan menjadi nomor 1 di keyword yang dicari.

3. Murah, SEO adalah strategi terbaik karena memberikan ROI paling besar dibanding strategi online marketing lainnya.

4. Fleksibel, strategi SEO dapat dilakukan oleh semua kalangan, baik perusahaan besar atau kecil. Terlebih untuk perusahaan kecil, strategi SEO sangat cocok untuk mengembangkan perusahaan dengan modal pas-pasan.

5. Kompetisi marketing modern, saat ini di Indonesia iklan media cetak mulai beralih ke media digital. Trend ini membuat para pelaku bisnis untuk mengikuti perkembangan yang terjadi. Jika Anda tidak mengikuti trend ini maka Anda akan tertinggal dibanding kompetitor Anda.

6. Stabil, setelah Google mempercayai website Anda adalah sebuah website yang mempunyai authority maka sangat sulit menggeser Anda dari halaman 1.

Agateseo memberikan panduan belajar SEO dan manfaat SEO untuk bisnis secara gratis. Memiliki mentor profesional sangatlah penting karena tanpa mentor pergerakan Anda akan sangat lambat dan tidak terarah. Uniknya Agateseo tidak memungut bayaran dari ilmu yang dibagikan, sang penulis Tommy Soependi adalah seorang konsultan SEO profesional yang berpengalaman lebih dari 6 tahun di internet marketing saat ini beliau aktif sebagai konsultan di website booking hotel dan pesawat Traveloka.com.

Apa ada cara lain selain SEO?

Banyak, ada beberapa cara lain seperti:

1. Search Engine Marketing (SEM), SEM identik dengan platform iklan Google Adwords. Dengan memakai Google Adwords maka Anda dapat memasarkan iklan Anda dengan harga yang kompetitif. Keunggulan Google Adwords adalah Anda dapat tampil di posisi 1 hasil search result dengan cepat. Kekurangannya Anda harus membayar sejumlah uang dengan sistem bidding untuk tampil. Harga untuk setiap keyword berbeda, tergantung kompetisi di industri Anda.

Google Awords menayangkan iklan Anda di Youtube, Google search result, Google Display Network (banner), mobile phone danaplikasi Android.

Dengan perhitungan yang matang Anda dapat meraih keuntungan besar karena secara Return of Investment (ROI) SEM unggul jauh dalam hal kecepatan.

2. Social Media, Saat ini media sosial sangat banyak dipakai masyarakat Indonesia. Facebook & Twitter dapat menjadi pilihan untuk beriklan. Kelebihannya adalah harga iklan yang lebih murah dibanding Google Adwords. Kekurangannya adalah kualitas traffic yang diberikan kurang bersaing dibanding Google Adwords.

KesimpulanMelakukan strategi SEO sudah perlu dilakukan saat ini agar dapat bersaing. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari SEO Anda dapat mencari konsultan yang berpengalaman untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Share
Kategori: TEKNOLOGI

Video Popular