Kesehatan, stroberi mengandung karsinogenik menyebabkan kanker, stroberi mengandung karsinogenik, karsinogenik, Baru-baru ini cukup ramai dibicarakan oleh netizen Tiongkok soal penemuan kandungan pestisida jenis Acetochlor penyebab kanker yang melampaui batas dalam buah strawberry yang dijual di pasar.

Menurut laporan media Tiongkok bahwa untuk memverifikasi tentang pestisida yang mengandung bahan penyebab penyakit kanker yang sedang ramai dibicarakan netizen, seorang wartawan mendatangi beberapa perkebunan buah strawberry yang berlokasi di sekitar Beijing, untuk menanyakan perihal itu. Namun pemilik perkebunan semua secara tegas menolak pendapat itu dan mengatakan bahwa mereka tidak pernah menggunakan pestisida yang dimaksud bahkan termasuk makanan organik, katanya. Kalaupun menggunakan pestisida juga tidak mungkin sampai melampaui batas ketentuan.

Wartawan tersebut langsung pergi ke beberapa tempat penjual grosir hasil pertanian yang berlokasi di Beijing, ia ke Merrymart, Taman Buah Changping serta kios-kios penjual buah di pinggir jalan untuk membeli dari sana total 8 bungkus buah strawberry yang terus dibawa ke laboratorium milik Akademi Ilmu Pertanian Beijing untuk diuji.

Para staf laboratorium di pengujiian awal sudah menemukan dari 8 sampel buah strawberry itu kandungan zat  chlorothalonil dalam jumlah yang berbeda-beda, ada sampel yang kandungannya  tinggi tetapi ada yang lebih rendah. Pengujian kemudian menemukan kedelapan sampel itu semuanya mengandung pestisida berjenis acetochlor.

Mengkonsumsi strawberry yang mengandung acetochlor dalam jangka panjang menyebabkan kanker

Acetochlor biasa digunakan untuk mematikan rumput-rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman seperti jagung, kacang-kacangan, kentang dan lainnya. Jika mengacu pada standar yang diijinkan oleh Uni Eropa yaitu 0.05 mg/kg, maka hasil uji kadar acetochlor pada strawberry Tiongkok yang berkisar antara 0.367 – 0.1 mg/kg atau melebihi standar dari 7 sampai dengan 1 kali lipat itu jelas membahayakan kesehatan.

Ahli mengatakan : Amerika telah menempatkan acetochlor sebagai karsinogen golongan b-2. Bila manusia mengonsumsi makanan yang mengandung zat itu dalam waktu panjang, dapat dipastikan  akan keracunan metabolitnya. seperti racun dari metabolit jenis quinoneimine juga tergolong karsinogen yang bisa menyebabkan penyakit kanker.(Sin/Yant)

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular