Teknologi UltraHaptics menciptakan sentuhan bentuk tiga dimensi benar-benar keluar dari udara tipis, menggunakan ultrasound. Tombol “perasaan tanpa sentuhan”. (Foto : CNN)

UltraHaptics merupakan perusahaan muda dengan mimpi besar, yang ingin mengubah cara kita berinteraksi dengan perangkat elektronik.

Teknologi mereka menciptakan sentuhan bentuk tiga dimensi benar-benar keluar dari udara tipis, menggunakan ultrasound. Perusahaan tersebut menyebutnya  “perasaan tanpa sentuhan”.

Melalui emisi gelombang suara, sensasi-sensasi diproyeksikan melalui udara dan pengguna. Perubahan tekanan udara dianggap sebagai permukaan taktil yang tertahan, menciptakan permukaan yang tak terlihat tapi nyata ada.

Meningkatkan “dunia maya”

Merebaknya “dunia maya” tampaknya tak terbendung : Facebook Oculus Rift dan Magic Leap telah memimpinnya, namun beberapa perusahaan lain sedang menyiapkan perangkat dalam bidang yang bisa mengguncang fondasi hiburan elektronik.

Akan tetapi walaupun sangat meyakinkan, dunia maya sepenuhnya melampaui indera peraba, menerapkan teknologi UltraHaptics akan memungkinkan pengguna untuk tidak hanya melihat dunia maya diproyeksikan di depan mata mereka, tetapi agar dapat menyentuhnya juga.

Tom Carter, sebagai Chief Technology Officer di UltraHaptics, melihat potensi dalam penggabungan teknologi tersebut. “Kemampuan untuk memakai kacamata dunia maya dan bukan hanya mengeksplorasi secara visual dan melalui headphone anda, tetapi juga menyentuh apa yang anda lihat, kemungkinan benar-benar menarik, “katanya kepada CNN.

Tidur jadi mudah Membuat tombol dan bentuk dengan tepat di mana saja mereka dibutuhkan, membuka kemungkinan menggantikan perangkat yang lebih tradisional sebelumnya.

Bayangkan dashboard mobil yang tidak memiliki tombol, tidak ada saklar, dan tombol-tombol lain yang merusak keindahan interior, menjadi dashboard yang ramping dan cantik.

Jika anda sedang mengendarai mobil dan ingin memutar musik misalnya, maka tidak perlu mengalihkan mata anda dari jalan, anda hanya perlu menahan telapak tangan anda dan pengendali tempelkan pada telapak tangan anda, maka anda dapat merasakannya.

Smartphone dan perangkat populer lainnya juga bisa memiliki  manfaat tersebut : mengendalikan peralatan di dapur, menggunakan TV dan komputer dalam gaya yang mengingatkan pada film ” Minority Report “, atau bahkan saat tertidur dan alarm berbunyi di pagi hari semua hanya dengan melambaikan tangan anda .

Beberapa perangkat sudah dapat dikendalikan dengan gerakan tubuh, tapi UltraHaptics menambahkan lapisan tambahan umpan balik sebagai keamanan, dengan menciptakan sensasi medan gaya. Haptics lebih dari sekedar indera peraba, ultrasound anda dapat menyentuhnya.

Untuk membuat tombol tak terlihat, UltraHaptics menggunakan sekumpulan kecil speaker ultrasonik, dengan memusatkan gelombang suara ke titik tertentu.

“Apa yang pada akhirnya anda dapatkan adalah sensasi getaran di telapak tangan anda,” Carter menjelaskan.

“Kami memiliki segalanya dari perusahaan elektronik membuat banyak perlatan seperti speaker, radio, jam alarm, melalui perusahaan alat rumahtangga membuat kerudung kompor, mesin cuci, hingga prdoduk-produk virtual dari perusahaan game. (ran)

Dunia maya, teknologi perasaan tanpa sentuhan, tombol perasaan tanpa sentuhan, UltraHaptics, ultrasound, facebook

Share
Kategori: TEKNOLOGI

Video Popular