Kesehatan, warna urine menunjukan penyakit dimana, warna urine menunjukan penyakit, warna urine, urine, Ketika beberapa fungsi tubuh kita mengalami ketidaknormalan, maka urine akan memberikan respon melalui warnanya. Setiap orang pasti akan pergi ke toilet setiap harinya untuk buang air kecil, tetapi belum tentu setiap orang menaruh perhatian terhadap warna urin sendiri. Warna urine yang berbeda menandakan gejala penyakit yang berbeda pula.

Dalam kondisi normal dengan jumlah urine yang agak banyak, urine umumnya akan berwarna kuning muda bening. Dan berwarna agak tua bila jumlah urine tidak banyak. Saat kurang minum, mengkonsumsi obat-obatan atau mengidap penyakit tertentu, warni urine juga bisa berubah. Jenis  makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup termasuk yang dapat mempengaruhi warna urine seseorang.

Warna urine berikut dapat digunakan sebagai referensi untuk menemukan gangguan pada kesehatan kita.

Urine tidak berwarna

Minum air terlalu banyak, urine secara alami akan memudar. Bila bukan disebabkan oleh minum banyak air, maka besar kemungkinan itu diakibatkan oleh diabetes insipidus. Diabetes atau prekursor nefritis interstitial kronis.

Urine berwarna putih susu

Urine berwarna putih susu dan terasa panas, sakit pada pinggang mungkin terjadi akibat ada infeksi piogenik yang serius pada saluran kemih, seperti pielonefritis, sistitis, uretritis, atau tuberkulosis ginjal..

 Urine berwarna kuning tua

Mengkonsumsi banyak makanan seperti wortel, pepaya atau obat-obatan seperti kelembak, vitamin-vitamin juga bisa menyebabkan urine berwarna ‘tidak normal’ dan akan normal kembali setelah berhenti menggunakannya. Pasien muntaber dalam kondisi hidrasi serius dan demam juga bisa menyebabkan urine berwarna kuning pekat. Ketika liver atau empedu bermasalah, cairan empedu bisa keluar melalui uretra sehingga memengaruhi warna urine. Urine pasien hepatitis berwarna seperti teh kental. Organ kemih bernanah membuat urine berwarna kuning tua dan berkeruh.

Urine berwarna kecoklatan

Pasien dengan infeksi pada ginjal (nefritis) yang akut, hepatitis ikteris akut, luka pada ginjal bisa melepas air urine berwarna kecoklatan mirip kecap. Penderita penyakit G6PD timbul kondisi pusing kepala, mual kulit atau mata menguning akibat makan kacang babi juga bisa membuat urine berwarna kecoklatan.

Urine berwarna merah darah

Urine yang mengandung darah biasanya adalah tanda-tanda sudah terjadi masalah pada sistem kemih, organ yang berdekatan atau merupakan adanya penyakit sistemik. Pria berusia setengah baya yang mengalami buang air kecil tidak lancar, mungkin terkena penyakit batu pada saluran kemih atau kanker ginjal. Orangtua yang buang air kecil berdarah tetapi tidak terasa sakit, mungkin merupakan tanda dari kanker yang berlokasi pada sistem urinenya, untuk itu sebaiknya cepat berkonsultasi dengan dokter ahli.(Sin/Yant)

 

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular