Ilmuwan menemukan seperangkat sinyal radio misterius secara real time di ruang angkasa, dan ini adalah yang pertama di dunia. Ilmuwan dan kalangan luar menduga, gelombang listrik itu dari lubang hitam, bintang neutron, atau sinyal komunikasi radio dari alien.

Melansir “The Telegraph” Inggris, para astronom dari Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia berhasil menangkap sinyal radio secara real time dari luar angkasa, dan ini merupakan sinyal yang pertama kali di temukan di dunia.

Gelombang listrik yang terang gemerlap dan super cepat itu hanya berlangsung milidetik, dan tidak tahu berasal dari mana persisnya di alam semesta. Energi yang dipancarkannya adalah total gabungan sehari energi yang dipancarkan matahari.

Meski sejak pertama kali ditemukan pada tahun 2007, telah tercatat sembilan kali pulsa radio berkecepatan tinggi, namun, semua kejadian ditemukan dari data yang ada. Dan fenomena misterius ini adalah gelombang listrik pertama di dunia yang tertangkap secara nyata.

Dari mana sumber sinyal ini sebenarnya, sehingga memicu perdebatan sengit para ilmuwan, penjelasan memungkinkan termasuk penguapan lubang hitam dan alien mengadakan kontak dan paduan bintang neutron.

Wakil direktur John Mulchaey dari Carnegie Observatories mengatakan, “Peristiwa ini merupakan misteri terbesar di alam semesta. Saat ini, para astronom belum bisa menjelaskan misteri-misteri ini.”

Para ilmuwan terus menggunakan 12 teleskop di Australia, California, Canary Islands, Chile, Jerman, Hawaii dan India untuk menemukan sinyal tersebut

Karena gelombang listrik radio yang ditemukan itu secara real time, para ilmuwan seharusnya mampu mendeteksi panjang gelombang tersebut, seperti misalnya cahaya inframerah atau sinar-X dan sebagainya, dalam upaya untuk mengidentifikasi sumbernya. Namun, sejauh ini belum ada hasilnya.

Para ilmuwan mengatakan, gelombang listrik berasal dari luar angkasa(NASA)

Menurut peneliti utama dari temuan tersebut Emily Petroff, temuan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, membuat para ilmuwan semakin ingin mengetahui lebih lanjut fenomena kosmik yang menakjubkan tersebut.

“Pulsa radio berkecepatan tinggi hanya berlangsung sekejap, inilah faktor yang menggembirakan. Karena kita dapat menangkap pulsa radio sekilas ini, dan menemukan radiasi yang dihasilkan gelombang listrik ada lebih dari 20% yang dipolarisasi melingkar, hal ini menunjukkan adanya medan magnet yang kuat di sekitar sumber,” ujarnya.

Daniele Malesani dari University of Copenhagen juga mengatakan, ditilik dari bentuk polarisasi yang ditemukan tampak sebuah medan magnet yang besar di sekitarnya.

Ilmuwan mengatakan gelombang listrik berbentuk bundar yang ditemukan itu jelas sekali berasal dari luar angkasa, sedangkan pulsa radio dari bumi biasanya berbentuk datar.

“Sumber sinyal masih menjadi misteri, namun para peneliti percaya bahwa sumbernya pasti sangat besar, begitu juga dengan perubahannya, dan jarak maksimumnya sekitar  5,5 miliar tahun cahaya jauhnya,” kata Petroff. (jho/ran)

Share

Video Popular