Microwave sekarang sudah menjadi alat kebutuhan rumah tangga dan disukai oleh banyak orang karena mudah digunakan dan cepat dalam memanaskan makanan. Tetapi ia tidak serba bisa, ada saja makanan yang tidak cocok untuk dipanaskan dengan microwave, contohnya ‘ledakan’ bisa terjadi karena memanaskan sebutir telur ayam mentah melalui microwave.

Para pecinta microwave agar selalu ingat untuk tidak memanaskan ketiga macam makanan di bawah ini melalui microwave :

Telur ayam mentah

Butiran telur ayam mentah yang dipanaskan akan meledak dalam microwave. Perlu Anda ingat agar tidak berbuat kesalahan. Alasannya mudah, sewaktu kita memasak telur dengan menggunakan api, panas ditransfer dari luar menuju dalam, tetapi justru sebalikannya bila menggunakan microwave.

Dalam microwave, kuning telur akan berubah dari bentuk cair menjadi padat pada suhu 70°C sedangkan putih telur pada suhu 80°C. akibat kuning telur yang berubah menjadi padat itu membutuhkan ruang untuk ekspansi, maka ruang putih telur akan diambil dan ‘ledakan’ terjadi karena putih telur kehabisan tempat dan seketika itu memecahkan kulit telur,

Cabe kering

Cabe kering minim kandungan airnya, tetapi kandungan capsaicinnya bersifat labil dan ketidakpastian sehingga mudah terbakar sewaktu proses pemanasan sedang berlangsung. Di samping itu, cabe kering juga memancarkan bahan kimia yang dapat mengiritasi mata dan saluran pernafasan.

Sebagian besar sayuran

Sayuran mengandung vitamin C yang larut air dan sensitiv terhadap cahaya dan panas. Bila pemanasan ultra tinggi melalui microwave maka nutrisi yang ada akan mengalami kerusakan hebat. Orang yang secara jangka panjang mengonsumsi sayuran yang dipanaskan microwave akan mengalami kekurangan vitamin C.

Peneliti Amerika menemukan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh brokoli akan berkurang sebanyak 97% akibat ia dipanaskan melalui microwave. Aktivitas sulfur dalam senyawa alil bawang putih rusak dalam 1 menit saat bawang putih dipanaskan dengan microwave sehingga ia kehilangan efek anti kanker.

Selain itu, menggunakan microwave masih perlu memerhatikan beberapa hal berikut : Jangan memanaskan melalui microwave daging yang sudah dimasak hingga setengah matang. Masakan daging beku yang dicairkan melalui microwave jangan dibekukan lagi dalam kulkas. Tidak melakukan penggorengan makanan. Dan piring logam dapat memercikkan bunga api dan memantulkan gelombang bila digunakan dalam pemanasan masakan melalui microwave, akan menyebabkan masakan tidak matang juga merusak microwave. Hindari juga penggunaan wadah tertutup untuk menghindari tekanan yang berlebihan yang mudah menyebabkan cedera akibat peledakan.(Sin/Yant)

Share

Video Popular