Ketika Anda berada di luar rumah dan membutuhkn api tetapi tidak membawa korek api atau pemantik. Selain menggunakan cara menggosok-gosokan kayu untuk menghasilkan api, kita juga bisa memakai cara lain yaitu menyalakan api dengan menggunakan air. Grant Thompson melalui videonya mengajarkan teknik untuk mendapatkan api melalui sebotol air. Suatu keterampilan yang mungkin saja bermanfaat buat kita.

Cari selembar kertas yang paling baik berwarna hitam atau ada warna hitamnya karena akan lebih mudah menyalakan. Siapkan lagi beberapa lembar kertas lainnya lalu dirobek-robek taruh di samping Anda. Ambil botol dan isi air dan lepaskan label untuk memudahkan sinar Matahari menembusnya. Kemudian letakkan kertas berwarna hitam itu di bawah botol dan tunggu sejenak, kertas itu akan mengeluarkan asap. Saat itu letakkan selembar demi selembar kertas yang sudah dirobek tadi di atas kertas yang berasap itu. Gunakan tiupan udara lirih agar asap membesar dan api berkobar membakar kertas.

Perlu diingatkan bahwa botol yang digunakan sebaiknya berwarna bening dan memiliki lengkungan, jangan menggunakan botol yang berwarna atau kurang bening karena akan memakan waktu lama untuk menyalakan kertas bahkan bisa saja gagal. Demikian pula air yang berada dalam botol sebaiknya yang jernih. Bila Anda tidak dapat menemukan kertas yang memiliki warna hitam, usahakan agar kertas itu menjadi ‘hitam’ dengan mengotorinya, karena kertas putih sangat sulit dinyalakan.

Untuk menciptakan fokus api melalui sinar Matahari, arahkan bagian lengkung dari botol ke bawah agar dekat dengan bagian hitam dari kertas, setelah itu atur pelan-pelan jarak antara botol dengan kertas, geser sedikit demi sedikit fokus api untuk memperluas panas. Tunggu sebentar sampai kertas mengeluarkan asap dan biarkan pembakaran membesar lalu taruh sobekan kertas lain pada bagian itu. Perhatikan agar kertas yang ditaruh itu masih bisa dialiri udara. Setelah api melalap kertas itu, taruh lagi kertas-kertas lainnya untuk memperbesar kobaran.

Metode ini juga bisa digunakan pada kantung plastik bekas sandwich. Masukkan air ke dalam kantung itu kemudian membetuk bulatan seperti bola dengan cara memelintir kantung plastik itu. Anda dapat mencobanya. Mungkin suatu saat kita butuhkan.(Sin/Yant)

Share

Video Popular