Erabaru.net. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan tidur  yang  teratur  sangat penting bagi kemampuan belajar anak-anak.

Peneliti dari  Inggris mengatakan bahwa tidur tidak teratur dapat memengaruhi kemampuan otak  anak dalam menyerap informasi baru.

Prof. Amanda Sacker dari University College London, Inggris melakukan survei terhadap 11.000 anak-anak, kemudian peneliti mengukur kemampuan belajar anak-anak saat berusia 3, 5 dan 7 tahun, kemudian membandingkan dengan kebiasaan tidur mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tidur  yang tidak teratur biasanya terjadi saat anak berusia 3 tahun.

Namun, kondisi ini telah berkurang  sebanyak seperlima kali  ketika anak- anak menginjak usia 5 tahun, sementara  anak yang berusia 7 tahun  setengah dari  mereka tidur  dengan teratur antara pukul 19:30 – 20:30.

Secara keseluruhan, anak-anak yang tidak memiliki waktu tidur  yang  teratur akan menyebabkan prestasinya lebih buruk dalam hal  pelajaran membaca dan matematika.

Umumya terjadi pada anak perempuan daripada anak laki-laki  dimana ditandai oleh gejala yang lebih dominan serta dampak yang lebih lama.

Hasil penelitian menyebutkan, jam tidur yang tidak teratur kemungkinan merupakan gambaran dari kondisi lingkungan keluarga anak tersebut yang kurang harmonis, sehingga menjadi faktor dari menurunnya tingkat  kecerdasan pada anak tersebut dan bukannya akibat dari tidur yang tidak teratur.

Sebagian besar anak-anak yang tidur larut malam atau  yang tidak teratur tidurnya berasal dari keluarga dengan latar belakang sosial-ekonomi yang kurang memadai.

Sehingga Anak  dari  keluarga ini  kurang mendapatkan kasih sayang , perhatian dari kedua orangtuanya bahkan  anak tidak pernah mendengar Ibunya mendongengkan sebuah cerita anak  waktu menjelang tidur.

Anak-anak ini  lebih banyak untuk  menonton televisi dan menghabiskan waktunya di kamarnya sendiri.

Kurang tidur  juga dapat mempengaruhi ritme tubuh dan mengganggu kemampuan otak anak dalam  menyerap informasi baru.

Dan hasil penelitian menyimpulkan bahwa kebiasaan tidur secara teratur sangat penting bagi anak-anak.

“Semakin dini membiasakan anak  tidur yang baik  dan teratur maka  akan semakin baik  pula bagi perkembangan anak-anak ,” ujar  Amanda Sacker.

Dr. Robert Scott-Jupp dari The Royal College of Pediatrics and Child Health, Inggris, mengatakan studi ini sekilas kelihatannya seperti  menguraikan  pokok permasalahan  hanya  dari sebab  kurangnya  tidur pada anak  saja sebagai faktor  menurunnya tingkat kecerdasan nya, tetapi  kenyataannya juga  ada terdapat masalah  kompleks  lain  yang tentunya cukup banyak.

Lingkungan sosial cukup banyak memberi pengaruh pada perkembangan otak anak,  namun, terlepas dari latar belakang keluarga anak tersebut maka tidur yang cukup adalah mutlak diperlukan, jika ingin performa anak  menonjol di sekolah. (bbc.co.uk/jhn/yant)

Share
Kategori: KELUARGA

Video Popular