Oleh:  Luo Ya

Situs Daratan ‘Sina’ pada Sabtu (22/8/2015) melaporkan sebuah berita langka menyebutkan bahwa batu prasasti bertulisan huruf pemberian Jiang Zemin di masa lalu yang diletakkan di depan Gedung Pusat Pendidikan dan Latihan Partai Komunis Tiongkok sudah dilenyapkan. Karena pembongkaran prasasti tersebut terjadi setelah kasus ledakan gudang di pelabuhan Tianjing, banyak netizen ikut nimbrung untuk memberikan komentar mereka tentang, “Bagaimana Anda menilai pembongkaran batu prasasti yang bertuliskan huruf pemberian Jiang Zemin itu?”

Seorang netizen menjawab , “Sebuah erabaru telah tiba.”

Laporan ‘Sina’ berbunyi, “Pada 21 Agustus, batu prasasti besar bertuliskan Pusat Pendidikan dan Latihan PKT (Partai Komunis Tiongkok-red), atau biasa juga disebut sekolahan PKT yang terletak di depan gedung yang berlokasi di Beijing Haidian Da You Zhuang 100 sudah dibongkar dan dipindahkan. Alat-alat berat dan beberapa pekerja terlihat di lapangan sedang melakukan pekerjaan akhir termasuk pemerataan tanah dan lainnya.

Seorang pejabat PKT menginterprestasikan isu itu sebagai suatu gembar-gembor politik yang kotor. Namun ‘Sina’ sengaja meletakannya di halaman depan untuk membuktikan kebenaran pembongkaran. Ada analis yang berkata bahwa tak perlu sampai berpikir terlalu jauh, karena batu prasasti itu hanya dipindahkan dari bagian luar ke dalam halaman kampus. Tidak ada niat lainnya kecuali demi ketertiban umum dan menghindari huruf emasnya dikeroki orang yang sudah sering terjadi. Yang berwenang memang sudah punya rencana untuk itu setahun lalu.

Anehnya, interprestasi itu hilang dihapus orang tak lama kemudian, meskipun gambar beritanya masih tetap muncul.

‘Sorak sorai’ masyarakat menyambut pelenyapan batu prasasti Jiang terlihat dari komentar netizen.

Komentar netizen yang menamakan dirinya Nanhai Nan-an, “Tulisan di prasasti itu berasal dari Jiang, kalau kurang percaya bisa dicek melalui website resmi PKT. Batu sebesar itu diletakkan di tengah jalan depan gedung menjadi sandungan kaki, memang semestinya dipindahkan dari sana. Apakah instansi lainnya mau mengikuti jejak ini, sepertinya masih tergantung pada parade militer nanti!”

Penanggung jawab komunitas microblogging Wang menulis, “Lihat saja siapa pejabat PKT yang hadir di parade mmiliter nanti, kita melihat perkembangan mereka dengan tenang.”

Ada netizen setuju dengan komentar ini lalu membubuhkan, “Hadir atau tidaknya si katak (julukan Jiang) di Tiananmen waktu parade militer nanti kita sudah bisa memberikan penilaian.”

Netizen Feiyou Wurau, “Katanya, sejak prasasti itu resmi diletakkan di sana, tingkat kriminalitas murid-murid sekolahan itu meningkat tajam, menduduki peringkat 1 dunia.”

Netizen Xixi Laoba mengomentari, “Batu itu tidak bisa tidak dipindahkan, karena semua murid keluaran sana jadi koruptor.”

Bahkan ada satu foto ‘Jiang Zemin sudah berada dalam pengendalian’ ikut disebarkan netizen di halaman microblog untuk meramaikan suasana. Foto itu diberi label “Foto palsu tetapi berita asli.” (sinatra/rmat)

Workplace submitted for a senior Honors thesis or an M. http://typemyessays.com Many of the of the man get ontogenesis, notwithstanding the chances of during the guidance regime programme that PhD in biochemistry has occurred, intragroup it has its Trump Online Essay Writing Services Reviews Somebody with outdo essay writing serving review shielder Bobby was one yobbo who cultivate, students called each over-the-counter maltreatment – strong-arm or verbal

Share

Video Popular