Erabaru.net. Bagaimana caranya berpidato yang sukses adalah tema yang umum diperbincangkan, banyak orang menyarankan penggunaan berbagai teknik untuk mencapai efek “ekspresi” terbaik.

Baru-baru ini di situs jejaring sosial, dari sudut pandang yang lain seorang ahli komunikasi bisnis menggambarkan keberhasilan sebuah pidato harus menguasai tujuh pedoman.

Ahli komunikasi bisnis dan ahli koordinasi Steve Knight adalah profesor dari Insead Business School, juga salah satu pendiri dari Voice of Power.

Baru-baru ini, ia mengunggah artikel di situs jejaring sosial untuk berbagi bagaimana membuat diri seseorang menjadi seorang ahli berpidato yang berkekuatan nyata, karena merupakan topik baru, hal itu menarik respon dari banyak netter.

Steve menekankan, isi pidato tidak harus menentukan perilaku Anda, Anda yang sejati harus mampu menguasai semua keadaan.

Anda mungkin mengambil strategi pengarahan yang berbeda, tetapi yang paling inti adalah diri Anda sendiri, Anda sendirilah yang akan selalu menjadi yang paling penting.

Steve menyarankan bahwa ketika berpidato jangan mencoba untuk meniru orang lain, Anda harus menjadi diri Anda sendiri, hanya dengan demikian Anda dapat memfokuskan diri dan menampilkan sisi diri Anda yang terbaik.

Ketika penampilan Anda semakin nyata dan semakin alami, Anda bisa lebih santai.

Dengan demikian, audiens Anda pun bisa relaks, mereka akan sepenuhnya berkonsentrasi pada pidato dan pesan yang Anda sampaikan; dan Anda akan dapat berkomunikasi dalam berbagai bidang dengan leluasa.

Berikut 7 pedoman sukses berpidato yang disebut-sebut oleh Steve Knight.

1. Menilai audiens Anda

Ini bukan tentang apa yang ingin Anda katakan kepada mereka, tapi apa yang mereka ingin dapatkan inspirasi dan motivasi dari pidato Anda.

Informasi Anda harus berkaitan dengan audiens, isi pidato harus beresonansi dan yang berguna bagi penonton.

2. Masukkan sikap positif dan bersyukur ke dalam pidato

Tak seorang pun ingin mendengarkan sebuah pidato yang negatif dan pasif.

Harus diingat, Anda dapat menentukan cara berpidato Anda, itu sebabnya perlu untuk mengontrol perasaan dan emosi Anda sendiri.

3. Dengan pernafasan perut membuka suara Anda

Menggunakan pernafasan perut (pernafasan diafragma) dapat membuat suara Anda lebih kuat dan lebih memiliki kualitas, kekuatan suara Anda dapat mengejutkan penonton.

4. Bahasa tubuh

Dengan bijak menggunakan kontak mata dan bahasa tubuh untuk berkomunikasi dengan penonton, dan pastikan ekspresi wajah Anda dan pesan yang disampaikan adalah identik.

5. Visualisasi suara

Jika Anda sedang mengungkapkan hal yang positif, buatlah suara Anda juga menjadi sangat positif; jika Anda sedang berbicara tentang hal yang mengejutkan, dan buatlah suara Anda terdengar mengejutkan bagi audiens.

Ketika berpidato jangan membiarkan nada Anda monoton tanpa ada perubahan, membuat teks terdengar sangat hidup adalah tanggung jawab dari si pembicara, pidato bisnis juga sangat mementingkan untuk bercerita/mendongeng.

6. Kemampuan mendominasi

Berpikirlah tentang pemimpin favorit Anda, ketika Anda mendengarkan mereka berbicara atau melihat gambar mereka, bagaimana perasaan Anda? Apakah sebetulnya yang mereka wakili? Kemudian tanyakan pada diri sendiri, kenapa kualitas pidato yang Anda kagumi dan cita-citakan?

Kemudian biarkan diri Anda menjadi apa yang Anda inginkan terlihat sukses.

7. Penggunaan arahan singkat dengan cerdas

Jika Anda memilih cara pidato yang singkat, penggunaan gambar adalah yang terbaik, karena sebuah gambar menjelaskan seribu kata.

Ada dua tujuan utama pengarahan singkat atau briefing, pertama adalah penonton cepat memahami informasi yang Anda ingin sampaikan; yang kedua adalah untuk membuat informasi tersebut tinggal lebih lama di benak penonton.

Itu sebabnya, harus dengan cerdas dan kreatif menggunakan briefing, dan pastikan isinya jelas dan ringkas. (Hui/Yant)

Share

Video Popular