Diabetes atau lebih dikenal dengan penyakit kencing manis, penyakit yang menyerang tubuh manusia ini kerap dialami banyak orang. Penyebab diabetes selain faktor keturunan juga karena gaya hidup yang tidak sehat, asupan makan yang tidak seimbang.

Berikut 12 cara untuk menjauhkan diri dari penyakit diabetes :

1. Minum 1-2 sendok cuka sebelum makan daging bisa membantu mengurangi kadar gula darah. Bila tidak terbiasa meminum cuka, bisa juga diganti dengan salad yang diberi sedikit cuka atau kuah sayur yang asam.

2. Menurunkan berat badan sebanyak 5% dari berat tubuh. Dengan menurunkan berat badan 5 % berarti mengurangi risiko diabetes sebesar 70%.

3. Berjalan kaki selama 35 menit setiap hari atau sedikitnya 40 jam seminggu, berjalan kaki bisa menekan risiko diabetes sampai 80%.

4. Banyak minum kopi, dengan mengonsumsi 6 gelas kopi setiap hari, risiko diabetes dapat diturunkan 29 – 54%. Bila 4-5 gelas sehari risiko dapat diturunkan sekitar 29%.

5. Banyak mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Makanan berserat selain menurunkan risiko diabetes, juga membantu mencegah penyakit kanker payudara, hipertensi dan stroke.

6. Tidak makan makanan cepat saji sampai 2 kali dalam seminggu. Karena sensitivitas tubuh terhadap insulin dapat menurun sampai 1 kali lipat dari normal bila melebihi 2 kali dalam seminggu.

7. Kurangi makanan seperti ham dan sosis. Karena makanan itu bisa menambah risiko diabetes sebesar 43% bila dimakan itu sampai 5 kali dalam seminggu.

8. Kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah. Caranya : campurkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam minuman kopi atau dimasukkan ke dalam air minum yang dicampur madu lalu diminum.

9. Tekanan pekerjaan yang cukup lama akan langsung berdampak pada naiknya gula darah. Cara untuk mengurangi stres adalah, menarik dan membuang napas dalam-dalam selama 3 menit dilakukan sebelum mulai bekerja.

10. Beristirahat tidur antara 6-8 jam sehari. Risiko diabetes akan naik 2 kali lipat dari normal bila waktu tidur kurang dari 6 jam. Tetapi risiko itu akan naik menjadi 3 kali lipat dari normal bila waktu tidur melebihi 8 jam.

11, Jangan hidup sendirian, karena hidup sendirian memiliki risiko diabetes sampai 2.5 kali lebih tinggi dari orang yang hidup bersama.

12, Setiap orang yang berusia di atas 45 tahun wajib untuk melakukan pengontrolan gula darahnya. Orang-orang obesitas atau memiliki riwayat diabetes, yang kolesterolnya tinggi serta penyakit hipertensi lebih-lebih membutuhkan perhatian terhadap masalah ini.(Sin/Yant)

Share

Video Popular