Lahir , tua, sakit kemudian mati merupakan proses dalam kehidupan manusia. Namun kulit akan langsung memasuki proses penuaan sejak bayi. Sementara otak besar dan paru-paru mulai menua pada usia 20 tahun. Banyak fungsi organ manusia akan menurun dengan tingkat 6.25 % per tahun setelah ia berusia 30 tahun. Dan tingkat penurunannya akan membesar seiring bertambahnya usia, sehingga pada saat seseorang itu berusia 70 tahun ia sudah kehilangan sebanyak 65% dari fungsi organnya.

Kepala Clinical Research Intitute dari National Yang-Ming University, Taiwan, Lin Xinrong mengatakan bahwa fungsi organ mayoritas orang berusia 40 tahun tinggal 80 %, menurun hingga 70 % pada usia 50 tahun, dan tinggal 35 % pada saat berusia 70 tahun.

Berikut fase penurunan beberapa fungsi organ manusia :

Kulit mulai menua sejak lahir

Jaringan kulit adalah bagian yang paling awal dalam menjalani proses penuaan. Penuaan fungsi sudah dimulai sejak manusia dilahirkan. Setelah melewati usia 25 tahun, akibat melambatnya pembentukan kolagen, maka metabolisme kulit manusia akan memburuk. Tanda-tanda yang paling jelas bisa terlihat dari penuaan pigmentasi, menurunnya daya lentur kulit, kulit kurang berkilau.

Otak besar mulai menua sejak usia 20 tahun

Pembelahan sel saraf otak maupun regenerasinya sudah tidak lagi terjadi setelah manusia lahir. Sel-sel otak yang berjumlah 100 miliar lebih saat lahir itu akan berkurang mulai usia 20 tahun.

Jumlah sel-sel saraf orang akan berkurang sebanyak sekitar 10.000 sel setiap harinya mulai usia 40 tahun. Oleh karena tidak terjadi regenerasi pada selnya, maka ada 5 % orang berusia 65 tahun menderita penyakit demensia dan angka itu berkembang menjadi 25 % untuk mereka yang berusia 80 tahun.

Fungsi paru-paru mulai menurun pada usia 20 tahun

Kapasitas vital paru mulai menurun secara lamban sejak usia 20 tahun. setelah mencapai usia 40 tahun, sebagian orang nafasnya akan menjadi pendek dan mudah capek. Itu disebabkan oleh otot-otot yang mengendalikan pernafasan dan rongga paru sudah menjadi kaku dan membuat paru-paru bekerja lebih keras. Untuk mengetahui seberapa normal fungsi paru kita dapat menggunakan alat medis untuk mengukur daya hembusan nafas. Kekuatan hembusan nafas orang akan menurun sebesar 30 cc/detik ketika masuk usia 30 tahun, sehingga tinggal 1/3 fungsi yang tertinggal pada saat manusia berusia sekitar 60 tahun.

Fungsi reproduksi menurun mulai usia 35 tahun

Fungsi reproduksi pria maupun wanita akan menurun mulai usia 35 tahun. Kemampuan ovulasi bagi wanita berusia 20 – 25 tahun bisa mencapai 10 – 12 kali setiap tahunnya. Tetapi tinggal 7 – 8 kali pada wanita berusia lewat 40 tahun, dan menurun hingga 1 – 2 kalli dalam waktu 5 tahun sampai secara total berhenti. Sedangkan untuk pria yang baru menikah setelah 40 tahun, tingkat kehamilan pasangannya bisa rendah karena pengaruh dari kualitas sperma yang melemah.

Tulang mulai menua pada usia 35 tahun

Tulang akan memasuki proses penuaan alami setelah seseorang memasuki usia 35 tahun. Tingkat kepadatan tulang wanita setelah berusia 35 tahun akan menurun sebesar 1 % setiap tahunnya. Dan memburuk menjadi 5 – 6 % setiap tahun setelah ia memasuki masa menopause. Besar kecilnya ukuran tulang dan kepadatannya dapat mengakibatkan tinggi badan orang menjadi berkurang.

Fungsi jantung mulai menurun sejak 40 tahun

Penuaan fisik orang memiliki hubungan langsung dengan penua pembuluh darah. Dengan menurunnya elastisitas pembuluh darah, penyempitan pembuluh nadi (arteriosklerosis) mudah terjadi, daya jantung memompa darah ke seluruh tubuh juga akan menurun sehingga memberikan kesempatan kepada berbagai penyakit untuk mengancam kesehatan.(Sin/Yant)

Share

Video Popular