Kemajuan pesat dalam bidang teknologi, kita tidak asing lagi dengan yang namanya robot, dimana penggunaan robot secara luas kini telah merasuk dalam kehidupan kita sehari-hari. Awal tahun 2015, perusahaan alat-alat rumah tangga terkemuka asal Inggris, Dyson, meluncurkan robot penghisap debu pertama, menjadikan robot rumahan ke bidang yang lebih maju.

Pendiri perusahaan Dyson sekaligus penemu  asal Inggris, James Dyson, memamerkan robot penghisap debu bernama “Dyson 360 Eye” dalam sebuah acara di Tokyo, Jepang.

Pada bagian atas Robot penghisap debu tersebut dipasangi dengan kamera panoramik inframerah 360 derajat, dan memiliki sudut pandang 360 derajat dalam 30 frame per detiknya, sehingga robot ini dapat menganalisa posisi dan lingkungan sekitarnya.

“Kami telah mengembangkan sistem yang membuat mesin ini mampu untuk membersihkan secara sistematis dan bahkan tidak akan melewatkan satu bagian pun dilantai.” ujar nick Schneider, insinyiur perancang robot di perusahaan Dyson.

Schneider mengklaim mesin yang mereka buat memiliki daya hisap yang lebih kuat dan sistem kamera yang “unik” untuk mendeteksi setiap kotoran.

“Kami telah mengembangkan beberapa motor digital terkecil dan paling kuat selama beberapa tahun, yang memungkinkan mesin mempunyai daya hisap yang kuat sehingga dapat membersihkan kotoran dengan baik,” ujar Nick Schneider. (jhon/ran)

Share

Video Popular