Buah pepaya dikenal banyak manfaat kesehatan, adalah salah satu buah yang terbaik untuk dikonsumsi. Kaya dengan antioksidan kuat yang membantu mencegah sejumlah penyakit serius. Banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh ada dalam buah pepaya ini, seperti, serat, tembaga, asam folat, asam pantotenat, magnesium, vitamin A, vitamin C, riboflavin, dan thiamin. Menambahkan satu pepaya berukuran sedang untuk makan harian Anda secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah pepaya untuk kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan sistem kekebalan tubuh

Pepaya merupakan salah satu sumber vitamin C yang terbaik dan mengandung lebih dari 200% dari kebutuhan harian Anda. Vitamin C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit sehingga menjadi terlihat awet muda. Juga dapat mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa jenis penyakit kanker.

Memasukkan pepaya dalam menu makanan harian Anda dapat membantu untuk menjaga kesehatan bagi sistem kekebalan tubuh Anda sepanjang tahun.

2. Menjaga kesehatan mata

Ternyata wortel bukan satu-satunya sumber vitamin A bagi kesehatan mata saja. Pepaya juga mengandung vitamin A dan flavonoid seperti zeaxanthin, beta-karoten, lutein dan cryptoxanthin, yang membantu melindungi selaput lendir dan mencegah degenerasi makula (penyebab utama kebutaan pada usia 50 tahun keatas ) terkait usia. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer Anda, cobalah minum smoothie wortel dan pepaya untuk menjaga kesehatan mata.

3. Menjauhkan risiko terkena penyakit kanker

Karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga pepaya dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Flavonoid dan fitonutrien yang ditemukan dalam pepaya dapat menghilangkan radikal bebas dan menyehatkan sel-sel dalam tubuh Anda.

Studi menunjukkanbahwa mengonsumsi pepaya secara teratur dapat membantu dan mencegah Anda terserang dari penyakit kanker usus besar dan mengurangi risiko kanker prostat.

4. Menjaga kesehatan dan keremajaan kulit

Penuaan adalah proses ilmiah yang pasti terjadi sehingga tidak dapat kita dihindari. Namun, kita dapat memperlambat penuaan dini dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Pepaya memiliki sifat anti-penuaan yang kuat. Ini adalah sumber yang sangat baik dari vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten yang dapat melawan keriput, mencegah kerusakan kulit dan menjaga kesehatan dan keremajaan kulit secara keseluruhan.

5. Baik untuk sistem pencernaan Anda

Pepaya juga dikenal karena bermanfaat untuk memudahkan proses pencernaan dalam tubuh Anda. Hal ini karena, pepaya mengandung enzim papain ( enzim yang dapat menyehatkan sistem pencernaan).

Anda dapat menambahkan satu porsi pepaya untuk sarapan Anda, atau membuat Smoothie untuk makan malam Anda, sehingga dapat meningkatkan pencernaan dan memperkuat sistem metabolisme tubuh Anda.

6. Mempercepat pertumbuhan rambut

Pepaya dapat membantu untuk melembutkan rambut Anda, menjaga kemilau alami rambut, mencegah ketombe dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Mengurangi nyeri haid

Walaupun pepaya bukanlah obat terbaik untuk mengatasi kram menstruasi, namun dapat meringankan rasa sakit perut saat menstruasi, sehingga Anda dapat merasa lebih baik dalam hitungan menit.

Enzim papain yang ditemukan dalam pepaya dapat membantu untuk meningkatkan aliran reguler menstruasi dan meringankan kram perut Anda .

8. Menurun berat badan

Makan pepaya tidak akan membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping, jika Anda tidak melakukan diet sehat dan tidak berolahraga secara teratur. Namun, buah ini dapat membantu Anda memerangi ketagihan Anda akan makananan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pepaya juga mengandung kadar gula dan kalori yang rendah, yakni satu cangkir papaya hanya mengandung sekitar 120 kalori dan 8,3 gram dari gula saja, jadi Anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.(Anai)

Share

Video Popular