Karbohidrat merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi selain protein dan lemak. Karbohidrat bisa kita dapatkan dari beberapa makanan pokok, terutama nasi yang biasa kita konsumsi. Karbohidrat juga berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh, proses metabolisme. Dan fungsi utama adalah sebagai pemasok energi. Dalam 1 gram karbohidrat mampu menghasilkan 4 kkalori yang melalui proses pembakaran kimiawi di dalam tubuh akan menjadi sumber energi.

Selain nasi sebagai sumber karbohidrat juga terdapat pada bahan-bahan makanan berikut

1. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang dapat menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata Anda. Terlebih lagi, satu porsi ubi jalar dapat memenuhi asupan vitamin A untuk satu hari! Mereka juga kaya akan vitamin C, magnesium, vitamin B6, dan tembaga.

Ubi jalar juga merupakan sumber potasium yang baik, kaya serat, dan biotin (vitamin B yang dikenal dengan vitamin H yang berperan dalam reaksi biokimia di dalam tubuh).

2. Quinoa

Quinoa adalah sejenis padi- padian yang berasal dari Amerika Selatan dan menjadi makanan pokok oleh masyarakat Indian sejak lama. Quinoa merupakan sumber makanan yang padat gizi, kaya akan protein,fosfor,kalsium, serat, zat besi, dan magnesium. Anda dapat mengonsumsi quinoa secara teratur untuk mendapatkan manfaat sehat karbohidrat darinya.

3. Popcorn

Selain rendah kalori, popcorn juga kaya akan serat,sehingga dapat mempermudah sistem pencernaan tubuh Anda. Juga mengandung polifenol dan antioksidan yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kanker dan penyakit jantung, dibandingkan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Anda disarankan sebaiknya dapat mengonsumsi popcorn buatan sendiri, yang tanpa mentega, caramel dan garam, untuk memenuhi asupan karbohidarat sehat harian Anda.

4. Apel

Apel kaya akan karbohidrat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi besar lainnya. Adalah sumber serat yang baik, dan mengandung sejumlah fitonutrien yang bermanfaat, seperti polifenol, yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan flavonoid, yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

5. Barley

Kaya akan serat, mangan, karbohidrat dan molibdenum. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk sup, juga lezat dikonsumsi sebagai pengganti nasi, pasta atau pelengkap makanan sehat lainnya.

6. Oatmeal atau havermunt

Sarapan pokok ini merupakan salah satu sumber karbohidrat sehat yang dapat Anda konsumsi secara rutin setiap harinya. Selain kaya akan protein, serat, dan sumber zat besi yang baik, juga mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga baik dan menyehatkan untuk para penderita diabetes.

7. Labu kuning

Seperti ubi jalar, labu kuning juga adalah sayuran sehat yang kaya akan karbohidrat sebanyak 90 % dari sayuran lainnya. Selain itu Juga mengandung vitamin A dan C, E, betakaroten,dan sumber vitamin B6 dan mangan.(Anai/Yant)

Share

Video Popular