Kesehatan, minum air, dehidrasi, manfaat minum air

Umumnya, ketika kita merasa haus akan dengan mudahnya mengonsumsi minuman bersoda yang berkarbonasi dan mengandung gula, aspartame atau pemanis buatan lainnya. Namun, sebenarnya cara ini tidak benar dan keliru adanya. Hal ini karena ketika merasa haus dan dahaga, adalah sebuah kondisi dimana tubuh kita sangat membutuhkan air putih, dan bukannya minuman manis dan bersoda lainnya.

Mengutp care2, mengonsumsi air putih pada siang hari dapat mengatasi masalah berikut ini:

Kesulitan untuk konsentrasi

Jika Anda lupa atau kurang minum air putih yang cukup di sepanjang hari, Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi untuk beraktifitas dan bekerja di tempat kerja. Kurangnya mengonsumsi air putih juga dapat membuat Anda merasa bingung, sehingga dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mengingat hal-hal penting, yang harus segera dikerjakan.

DiagnoseMe.com mencatat bahwa hanya dengan mengalami penurunan jumlah air dalam tubuh sebanyak 2 persen saja, dapat mengakibatkan hilangnya memori jangka pendek, merusak kemampuan dasar berpikir Anda, bahkan juga dapat menyebabkan kesulitan untuk berkonsentrasi pada layar komputer Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas London Timur menunjukkan bahwa minum segelas air saat Anda merasa haus, bisa membantu otak Anda bekerja 14 persen lebih cepat dari biasanya.

Kehilangan mood

Coba Anda amati, ketika Anda merasa sedikit cerewet di rumah atau tempat kerja, mungkin Anda mengalami dehidrasi, sehingga semua hal jadi serba salah, akibat suasana hati yang tidak baik . Hal ini dapat terjadi, walaupun hanya karena Anda mengalami sedikit dehidrasi, juga dapat mempengaruhi suasana hati Anda sepanjang hari.

Dalam sebuah studi dari 25 orang wanita, diperoleh hasil bahwa hanya karena mengalami 1,36 persen dehidrasi saja, dapat menyebabkan suasana hati yang buruk, sehingga meningkatan kesulitan dalam mengerjakan tugas, bahkan mempunyai konsentrasi yang lebih rendah bahkan dapat terserang gejala sakit kepala .

Bibir pecah-pecah

Dehidrasi adalah penyebab yang paling umum untuk bibir kering dan pecah – pecah. Seperti tercantum dalam SymptomFind, tidak seperti kulit, bibir juga dapat mengalami kekurangan kelenjar minyak, sehingga mereka dapat mengering dan pecah-pecah dengan cepat.

Jika Anda kurang minum air putih di sepanjang hari, maka bibir Anda akan mengalami sariawan dan bibir pecah – pecah nantinya.

Banyak orang mencoba untuk menjaga kelembaban bibir mereka, hanya dengan menjilatinya, tapi ini hanya sementara saja. Karena ketika air liur Anda menguap, kelembaban menjadi hilang dari bibir Anda, sehingga meninggalkan kulit bibir yang kasar, kering, keriput, maka solusi mudahnya adalah banyak minum air putih setiap harinya.

Migrain

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, pembuluh darah di kepala Anda akan menyempit sendiri dalam upaya untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh Anda. Hal ini yang menyebabkan sakit kepala pada Anda, karena darah dan oksigen tidak dapat menuju otak Anda dengan mudah.

Seperti yang dikutip dalam HealthCentral, bahwa dehidrasi bisa menjadi pemicu utama timbulnya sakit kepala atau migrain, juga mengakibatkan sedikit penurunan berat badan Anda .

Kelelahan tubuh

Banyak orang beranggapan bahwa, kurangnya waktu untuk beristirahat disiang hari atau tidak cukup tidur karena banyak mengonsumsi kopi, sebagai penyebab tubuh mengalami kelelahan.

Namun, itu tidak sepenuhnya benar adanya. Seperti tercatat dalam WiseGeek, setiap sel dalam tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, sehingga perlu diisi ulang untuk dapat berfungsi dan bermetabolisme dengan baik.

Selama dehidrasi, tubuh Anda harus bekerja ekstra keras untuk dapat berfungsi seperti biasanya. Hal ini karena darah Anda mengental, sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah menuju pembuluh darah, juga membutuhkan lebih banyak energi sehingga tubuh Anda mudah mengalami kelelahan dan kelesuan.

Mengendalikan berat badan

Tentu air tidak dapat berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh, namun banyak minum air putih sebelum makan, dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebihan.

Sebuah studi yang dirujuk dalam WebMD mencatat bahwa minum dua gelas air putih sebelum makan, dapat membantu dan menjaga berat badan Anda. Penelitian ini melibatkan 48 orang dewasa antara usia 55 tahun dan 75 tahun. Satu kelompok minum dua gelas air putih sebelum makan dan yang lain tidak. Setelah 12 minggu diperoleh hasil bahwa kelompok yang minum air putih, sebelum makan kehilangan berat badan sekitar 15,5 pound, dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak minum air putih sebelum makan yang hanya kehilangan berat badan sekitar 11 pound saja.

Batu ginjal

Kerry Willis, kepala petugas ilmiah di Yayasan Ginjal Nasional, AS, mengatakan “Banyak minum air putih adalah cara yang efektif untuk mengurangi setengah dari risiko terkena penyakit batu ginjal.”

Yayasan ginjal mencatat bahwa sekitar satu dari 10 orang di AS yang mengidap batu ginjal. Diperoleh hasil bahwa orang / pasien yang banyak minum air putih dapat membuat urin sedikit bekerja untuk menyaring limbah makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh Anda.(Anai/Yant)

Share

Video Popular