Banyak kaum hawa ingin menjadi wanita karier. Namun, menjadi wanita karier juga tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang, banyak wanita karier dapat mengalami bermacam – macam tekanan di tempat kerja, seperti stres, bosan dan kelelahan . Dan tekanan ini dikenal dengan istilah “ Sindrom wanita super “.

Apakah Anda termasuk wanita karier yang mengalami sindrom wanita super? Dan Anda kewalahan untuk mengatasinya?

Berikut ada terdapat beberapa tips dikutip dari care2.com, yang dapat Anda jadikan pedoman .

Mendelegasikan pekerjaan

Umumnya, banyak orang kurang menaruh kepercayaan pada hasil pekerjaan orang lain. Mereka lebih percaya dan puas pada hasil pekerjaan yang dilakukan dirinya sendiri. Hal ini menjadi penyebab terbentuknya konsep tidak percaya yang melekat .

Dan yang lebih buruk lagi, beranggapan bahwa merekalah satu- satunya orang, yang dapat melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik dan benar. Jika Anda berpikiran seperti ini, maka Anda otomatis cenderung akan mengambil terlalu banyak pekerjaan, yang seharusnya menjadi pekerjaan orang lain.

Sering kali Anda mengerjakannya pekerjaan dengan cepat, atau bahkan merekalah yang berkesempatan dan melakukan pekerjaan secara sukarela untuk Anda.

Oleh karena itu dalam rangka untuk mendelegasikan berbagai pekerjaan yang ada dalam kehidupan Anda, hendaknya Anda dapat melepaskan konsep tidak percaya.

Anda hendaknya dapat bersikap baik dan balajar untuk dapat memberi kepercayaan pada orang lain dan menerima hasil pekerjaan mereka. Serta dapat membiarkan dan mengizinkan orang lain untuk membantu Anda.

Meminta bantuan

Bagi sebagian orang yang telah terbiasa bekerja sendiri dalam pekerjaannya, maka akan sulit untuk meminta maupun menerima bantuan dari orang lain.

Hal ini karena adannya konsep berbangga diri, ketika seorang diri mampu mengerjakan semua pekerjaannya dan tidak membutuhkan bantuan dari orang lain. Akibatnya, Anda menjadi kelelahan sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda juga.

Intinya adalah Anda jangan takut dan malu untuk meminta bantuan pada orang lain, juga dapat berbagi beban pekerjaan yang Anda miliki.

Berlatih perawatan untuk diri sendiri

Banyak orang mengasosiasikan perawatan diri dengan sikap yang egois, nanum pada kenyataannya tidak ada yang dapat terlepas dari kebenaran yang ada.

Jika kita tidak peduli untuk merawat diri sendiri, maka kita tidak dapat menunjukkan betapa pentingnya perawatan diri pada orang lain.

Pastikan Anda dapat berlatih perawatan diri setiap harinya, bahkan yang sederhana saja, seperti menutup mata dan beristirahat selama lima menit di pagi hari.

Mulai untuk mengatakan tidak

Umumnya, banyak orang beranggapan bahwa berkata “tidak“, dapat bermakna kurang baik dan kurang sopan, bila terdengar orang lain. Hal ini membuat kita merasa dapat merusak sebuah hubungan yang baik, walaupun sebenarnya kita tidak mengetahui, apa yang menjadi jawaban dari orang tersebut.

Namun, perlu dingat Anda hendaknya dapat menolak atau mengatakan tidak untuk hal – hal yang memang tidak ingin Anda lakukan. Dan Anda juga tidak perlu merasa takut, malu dan terpaksa untuk berkata jujur dan sebenarnya.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat menyadari bahwa orang lain dapat mengerti dan tidak akan keberatan atas penolakan Anda.

Bahkan, sebagian besar orang akan dapat menghargai dan menghormati keputusan Anda yang berkata jujur dan tidak membohongi mereka.(Anai/Yant)

Share

Video Popular