Pendidikan pra sekolah menjadi penting mengingat ia merupakan sarana untuk memasuki kehidupan sekolah bagi anak-anak. Di sana mereka diharapkan mampu menyerap pengetahuan dasar dan mempelajari beberapa keterampilan sederhana yang akan membawa manfaat bagi mereka di masa depan.

Namun anak-anak perlu menguasai beberapa keterampilan sebelum sekolah, itu perlunya orangtua atau pengasuh mengajar mereka di rumah. Misalnya bagaimana untuk membagi kesenangan, bagaimana mendengar atau memperhatikan pembicaraan orang lain, bagaimana bermain bersama teman dan lain sebagainya.

Di samping itu, orangtua juga perlu memupuk kemampuan sosial agar anak-anak bisa berhubungan dengan orang lain. Bisa diterima oleh masyarakat yang merupakan dasar bagi kesuksesan mereka di masa mendatang. Kedua, mereka harus belajar berpikiran logis, bisa membedakan antara warna, angka dan aksara.

Berikut adalah beberapa hal terkait pendidikan pra sekolah anak-anak Amerika, sekedar untuk perbandingan.

1, Pengenalan huruf

Bagi anak-anak yang baru menginjak TK, mengenal 26 huruf merupakan hal paling penting. Setidaknya mengenal beberapa huruf itu, yang berarti mereka mampu membedakan bentuk huruf itu. Jika kurangnya pemahaman maka guru akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis mereka. Padahal, kemampuan membaca dan menulis adalah bagian inti dari kurikulum TK.

Secara umum, jika anak-anak sudah mengenal mana B,D, Z atau lainnya, mereka sudah dianggap OK. Bila Anda menghendaki yang lebih jauh, maka mereka perlu mengenal huruf-huruf nama mereka.

2, Berhitung

Bila anak-anak belum mampu menghitung yang paling sederhana atau kurang menjelang mereka masuk TK. Maka orangtua mereka perlu lebih gencar lagi untuk mengajari mereka, karena mereka sudah harus belajar matematika di kelas 1 SD, dan peletakan dasarnya sudah harus dimulai sejak TK.

Anak-anak sudah diperkenalkan dengan angka-angka mulai tahun pertama di TK, oleh sebab itu belajar beberapa dasar hitung menghitung adalah penting. Paling tidak tahu berapa kelereng yang ada di tangan, berapa boneka yang berada di lantai dan seterusnya.

3, Belajar mengklarifikasi benda

Kemampuan untuk mengklarifikasikan sesuatu benda tentu tidak sulit dilakukan oleh anak-anak karena sejak berusia 2 tahun mereka secara bertahap mulai menguasai kemampuan tersebut. Dan di saat mereka berusia 5 tahun, mereka sudah dapat secara elektif dan lebih percaya diri dalam mengkategorikan benda-benda. Ini menjadi penting untuk belajar dan hidup di lingkungan TK. Anak-anak berusia 5 tahun menjelang masuk TK, sudah harus bisa mengkategorikan setidaknya berdasarkan warna, bentuk, ukuran, berat benda-benda tertentu.

4, Berkomunikasi

Kemampuan untuk belajar bahasa setiap anak tidak sama. Ada anak yang cepat menguasai keterampilan fisik tetapi lambat dalam menguasai bahasa. Ada yang justru sebaliknya. Kita tidak perlu khawatir terhadap masalah ini, ketika berada di rumah, kita pun tak perlu khawatir tentang pembicaraan anak yang tanpa ujung pangkal atau keliru dalam pengucapannya. Asalkan orangtua tahu apa yang mereka utarakan, sudah cukup.

Tetapi hal ini mungkin bisa menjadi masalah di sekolahan. Karena mereka kurang mampu berkomunikasi dengan sesama teman atau ibu guru, mungkin bisa terkucilkan saat belajar atau bermain.

Di tahun pertama memasuki TK anak sudah harus bisa berbicara dengan kalimat lengkap, dan melafalkan kata yang bisa ditangkap oleh telinga orang dewasa lain. Kemampuan untuk berkomunikasi penting bagi kehidupan bersama.

5, Pergi ke toilet

Bagi anak yang baru masuk TK, kehidupan di sekolah tak berbeda dengan rumah, yaitu bermain, mendengar ceritera, berlari-larian di luar kelas….

Tetapi kehidupan di TK masih ada satu perbedaan yang menyolok : Guru TK tidak akan memberikan bantuan menggantikan celana sewaktu anak ngompol.

Oleh sebab itu sebelum masuk TK, anak-anak sebaiknya sudah bisa buang air kecil ke toilet. Ini juga salah satu kewajiban dari orangtua.(Sin/Yant)

Share

Video Popular