Para astronom menemukan lima lubang hitam supermasif yang tersembunyi, dan menduga lubang hitam seperti ini sangat besar jumlahnya di alam semesta.

Mengutip laman CBS, Selasa (7/7), George Lansbury, ilmuwan dari Durham University, Inggris, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan : “Selama ini, kita hanya tahu lubang hitam yang tidak tertutup oleh debu dan gas, kita pernah menduga masih banyak lagi lubang hitam yang tersembunyi.”

Lansbury menjelaskan, karena menggunakan alat pengamat satelit Nuclear Spectroscopic Telescope Array (NuSTAR) milik NASA, jadi untuk kali pertamanya menilai keberadaan lubang hitam di balik gas dan debu, yang sebelumnya tidak bisa menentukan sifat ruang-waktunya.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal , dan telah dipresentasikan 6 Juli lalu kepada rekan-rekan dalam Konferensi Astronomi Internasional Royal Astronomical Society di North Wales, Inggris,

Para peneliti mengamati sinar-X energi tinggi melalui debu dan gas, yang berasal dari lubang hitam masif. Daniel Stern, ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA, AS mengatakan : “Sinar – X energi tinggi lebih mudah menerobos materi, sehingga kita dapat mengamati lubvang hitam yang terkubur dalam gas.”

“Hanya lima lubang hitam massif yang tersembunyi di dalamnya, namun, diperkirakan lubang hitam yang eksis seperti ini sangat besar jumlahnya di alam semesta, “ lanjut Lansbury.

Dari data gravitasi yang diamati, ilmuwan memastikan bahwa kelima lubang hitam tersebut dalam kondisi sangat aktif, dan ini sangat mengejutkan, karena diluar perkiraan mereka semula. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular