Bayi mengeces atau ngiler, kita semua menyadari hal itu. Bahkan ada beberapa bayi mengeces lebih dari yang lain. Bayi mulai tumbuh gigi saat usia mereka enam sampai delapan bulan dan mereka akan mengeces. Namun ada bayi mulai mengeces saat umur tiga bulan tanpa henti.

Jika si kecil Anda terus menerus mengeces, bukan karena tumbuh gigi, berikut beberapa cara untuk menghentikannya. Dan tips ini juga dapat digunakan untuk bayi yang mengeces karena sedang tumbuh gigi, dikutip dari boldsky.com

1. Menggunakan sikat gigi elektrik

Dengan menggunakan sikat gigi elektrik, berilah pijatan yang lembut pada gusi bayi Anda, sebanyak dua kali dalam sehari. Hal ini akan meningkatkan sensitivitas mulut bayi dan membuat bayi menyadari air liurnya, sehingga bayi dapat belajar untuk menelannya untuk waktu berikutnya.

2. Cangkir sedotan

Anda dapat mencoba mengganti sippy cup dengan cangkir sedotan, ketika hendak memberi minum pada bayi. Cangkir sedotan ini dapat melatih dan memperkuat lidah bayi, sehingga dapat mempermudah bayi untuk menelan air liurnya.

3. Makanan kenyal

Berikan bayi Anda sedikit makanan yang kenyal, sehingga bayi dapat belajar mengunyah untuk menenangkan gusinya. Makanan nan kenyal ini, dapat sementara menghentikan air liurnya juga.

4. Gunakan selai atau jelly

Mengoleskan sedikit selai buah pada dagu bayi Anda, juga dapat membantu dan menghentikan air liur dari bayi Anda. Hal ini, karena selai buah ini, dapat berfungsi sebagai penghalang bagi air liur bayi Anda yang terus mengalir, juga dapat mencegah iritasi kulit bayi Anda.

5. Menyeka air liur bayi

Anda dapat menyeka air liur bayi Anda dengan menggunakan kain yang lembut. Ketika Anda sering menyeka dagu bayi, maka bayi akan merasa bosan dan akhirnya bayi Anda akan mencoba untuk menyedot air liur untuk berhenti untuk ngences kembali.

Perlu diingat untuk tidak menggosok dagu sang bayi, karena dapat akan melukai juga merobek kulit dagunya yang masih lunak.

6. Meniup secara Lembut

Anda dapat mengalihkan perhatian sang bayi dengan meniup lembut wajah bayi, sehingga bayi lupa akan kegiatan mengencesnya .

7. Menyimpan dot bayi

Mengambil dot, atau setidaknya mengurangi intensitas di mana anak Anda menggunakannya.

8. Senam wajah

Senam wajah juga dapat membantu dan meminimalkan kebiasaan ngences mengeces. Coba ajarkan bayi Anda untuk membuka dan menutup mulutnya, beberapa kali dalam sehari. Dengan senam wajah yang mudah ini, dapat membuat sang bayi lupa akan kegiatan mengecesnya, karena mulutnya selalu terbuka.

9. Posisi tidur

Jika si kecil banyak air liurnya saat mereka tidur, pastikan untuk mengubah posisi tidurnya. Tidur telentang cara yang bagus untuk dapat membantu mengurangi anak mengeces dari pada tidur miring

10. Latihan menyeka dan menghisap

Cukup mengajarinya untuk menyeka mulutnya ketika ia mengeces dan menghisapnya kembali. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan bayi Anda mengeces.(Anai)

Share

Video Popular