Menurut legenda Tiongkok kuno, untuk menghapus memori reinkarnasi sebelumnya, roh yang dilahirkan kembali ke Bumi sebelumnya harus meminum sup Mengpo (Nenek Meng, pengurus ‘lupa’ di alam baka). Namun, di seluruh dunia terkadang masih terdapat orang yang setelah terlahir, masih bisa mengingat kehidupan masa lalunya atau sesuatu sebelum kelahirannya.

Meski saat ini sulit untuk membuktikan bahwa fenomena ini benar adanya, tetapi bagi pihak-pihak yang bersangkutan, ini adalah pengalaman yang sangat nyata. Berikut adalah beberapa kasus:

1. Seperti terbangun dari anestesi

Elisabeth Hallett, seorang perawat Amerika Serikat yang memiliki gelar di bidang psikologi dalam beberapa buku membahas kasus memori reinkarnasi. Di dalam bukunya, dia menyebutkan pengalaman reinkarnasi seorang pria bernama Michael Maguire yang merasakan pengalamannya tersebut seperti terbangun dari kondisi anestesi.

Michael menyatakan, ia ingat dengan jelas bahwa ia sebenarnya berada di alam roh, lalu secara tiba-tiba terjatuh ke dalam tubuh bayi dari dunia fana, seluruh proses yang terjadi agak mirip di ruang operasi. Seolah dirinya pada awalnya berbaring di ruang operasi, kemudian setelah siuman menemukan dirinya terbaring di ruang pemulihan.

Perbedaan utamanya adalah, pasien di ruang operasi kondisi kesadarannya tidak jelas, hal sebaliknya terjadi pada Michael, sebelum dan sesudah proses reinkarnasi, kesadarannya sangat terjaga.

2. Mengingat hal-hal sebelum kelahiran

Ada seorang wanita yang bernama Joelle berbagi pengalaman reinkarnasinya dengan Elisabeth. Dia menyatakan, bibinya mengatakan kepadanya bahwa ketika dia dilahirkan hampir saja mati, dan hal ini tidak pernah disinggung oleh ibunya.

Bibi Joelle mengatakan, ibu Joelle ketika melahirkan dia di rumah telah terjadi komplikasi persalinan, sehingga Joelle setelah dilahirkan tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Bibinya berpikir dia telah meninggal dan meletakkannya di ruang lain. Kemudian si bidan datang dan berhasil menyelamatkannya kembali.

Joelle mengingat pada saat itu dia berada di suatu tempat yang tidak dapat digambarkannya, di tempat itu tenang, tenteram dan damai, serta ada orang-orang lain mendampinginya. Mereka merupakan satu tubuh, bukan bergender laki-laki atau perempuan, sangat sulit dijelaskan. Mereka tidak berbicara mengeluarkan suara, tetapi Joelle tahu apa yang mereka katakan. Kemudian ada orang yang menyuruhnya jika ingin pergi reinkarnasi harus bergegas, tapi dia sempat ragu sejenak, lalu terdengar lagi seseorang mendesaknya untuk segera mengambil keputusan.

3. “Itu adalah wanita yang mengurus saya sebelum dilahirkan!”

Berikut ini adalah kasus yang muncul di situs Reddit. Ada seorang pria dengan istri dan putrinya yang berusia 4 tahun pergi ke tempat wisata, di pintu masuknya ada sebuah patung Bunda Maria. Si gadis cilik begitu melihat patung Bunda Maria itu, segera memberitahu ayahnya dengan berkata: “Ayah, saya mengenalnya. Dia adalah wanita yang menjaga saya sebelum saya dilahirkan!”

4. Suara menenangkan sebelum reinkarnasi

Ada seorang wanita bernama Linda Parrino dalam situs About.com menceritakan tentang pengalamannya sebelum dilahirkan. Dia berkata: “Saya ingat ketika mengambang di awan, sejauh mata memandang, penuh dengan awan merah muda dan awan biru. Saya merasa sangat tenteram, Saya mendengar suara seperti seorang wanita, tapi saya tidak melihatnya, dia berbicara sangat pelan dan lembut, sepertinya berkomunikasi dengan saya lewat batin atau telepati.”

Linda menyatakan, wanita itu mengatakan sudah waktunya kembali ke Bumi untuk bereinkarnasi, tetapi dia tidak ingin pergi, dia berpikir tinggal disitu sangat nyaman. Tapi wanita itu mendorongnya untuk segera pergi dan meyakinkannya bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Linda mengatakan, ketika mulai bisa berpikir, dia sudah ingat akan hal ini, dan kenangan masa lalu itu senantiasa membuatnya merasa terhibur dalam kehidupan kali ini.

5. Cuplikan kisah reinkarnasi dari buku Ji Xiaolan, intelektual zaman Dinasti Qing

Ji Xiaolan menulis dalam bukunya, ada putra seorang penyewa yang baru saja meninggal sudah reinkarnasi ke tetangga dan anak itu belum genap berumur satu bulan sudah dapat berbicara. Ketika itu Tahun Baru Imlek, bayi yang masih kecil ini sendirian di rumah, karena orang tuanya ada urusan keluar rumah.

Ada orang satu desa datang mengetuk pintu untuk mengucapkan selamat Tahun Baru. Sang bayi setelah mendengar ketukan dan suaranya, bergegas menjawab: “Oh paman yang itu ya? Ayah dan ibu sedang keluar, pintu rumah tidak terkunci, silakan masuk dan duduk sebentar.” Orang-orang yang mendengar sangat terkejut dan tertawa terpingkal. (Hui/Yant)

Share

Video Popular