Erabaru.net. Memasuki musim panas nyamuk mulai banyak.

Tidak peduli sejauh mana usaha kita untuk menghadang serangannya, nyamuk selalu mampu menerobos pertahanan dan menggigit orang-orang yang paling disukai.

Lalu bagaimana kita menghadapi mereka ? Dan bagaimana untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk itu

Berikut cara mengusir dan menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

Vitamin B1

Siapkan botol semprotan kecil yang diisi dengan 5 butir vitamin B1 yang dilarutkan dalam air kemudian disemprotkan di daerah lengan, kaki dan bagian dari badan.

Bisa juga dengan langsung mengonsumsi vitamin B1, 3 atau 4 hari sebelum kita berangkat mengikuti wisata alam, mendaki gunung atau kegiatan di luar rumah lainnya.

Obat nyamuk listrik

Zat pyrethum yang diuapkan melalui pemanas listrik dapat mengusir nyamuk, namun sebaiknya digunakan dalam ruang yang berserkulasi udara cukup baik agar tidak mengganggu kesehatan kita.

Jika menambahkan beberapa tetes minyak angin di atas obat nyamuk yang dipanaskan itu, maka efektivitasnya akan lebih tinggi.

Minyak angin ditambah kembang melati

Dengan meletakkan sebotol minyak angin atau balsem yang tutupnya dibuka di dalam ruangan, juga taruh pot bunga melati, mawar, sedap malam atau bunga lainnya yang sedang mekar, niscaya nyamuk akan menjauh.

Menggunakan pakaian yang berwarna terang

Di saat musim panas, atau berada di lokasi yang diperkirakan banyak nyamuknya, pakaian berwarna terang cukup membantu mengusir nyamuk karena nyamuk lebih suka yang berwarna gelap.

Cara menghilangkan rasa gatal oleh gigitan nyamuk :

1. Air sabun wangi

Zat alkali atau air sabun wangi digosokkan pada kulit yang berbentol merah bisa menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

2. Minyak Koln

Minyak angin atau minyak koln bisa digunakan untuk mengurangi secara cepat rasa gatal.

3. Getah lidah buaya

Ambil sedikit daun lidah buaya, setelah dibersihkan kemudian dibelah dan diusapkan pada bentolan merah di kulit yang bahkan mungkin bentol dan terasa gatal akibat gigitan nyamuk.

4. Air garam

Dengan menggosokkan air garam atau merendam bagian kulit yang bengkak digigit nyamuk dalam air garam, maka rasa gatal dan bentol bisa berkurang.(Sin/Yant)

Share

Video Popular