Bagaimana membuat pilihan makanan yang sehat pada jadwal harian yang sibuk? Sekarang ini, kita semua telah dihadapkan pada berbagai jadwal kegiatan yang padat dan sibuk, sehingga lupa seakan tidak punya waktu untuk memerhatikan kesehatan tubuh dari asupan makanan yang kita konsumsi. Karena merasa tidak ada waktu, kadang kita makan seadanya tanpa memikirkan nutrisi dari makananan yang kita konsumsi.

Sebenarnya mudah dan sederhana untuk mendapatkan tubuh yang sehat dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari, hanya memerlukan sedikit waktu juga perencanaan untuk mempersiapkannya saja.

Mengutip dari huffingtonpost, ada beberapa cara untuk mendapatkan makanan sehat ketika Anda tidak banyak waktu.

1. Membuat daftar belanja mingguan

Anda dapat meluangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk membuat daftar belanja persediaan makanan selama seminggu dengan mengunjungi toko grosir dan membeli semua bahan makanan yang Anda butuhkan nantinya. Hal ini penting, karena disamping Anda dapat menghemat waktu, uang juga terhindar dari kegiatan mengonsumsi makanan tidak sehat .

Dan ketika lapar, Anda dapat membuat makanan sendiri dari persediaan makanan yang ada, dan bukannya mengonsumsi makanan cepat saji yang banyak tersedia di toko sekitar rumah Anda.

2. Bahan makanan beku

Sayuran beku (sebaiknya sayuran organik) dapat menghemat waktu Anda juga. Anda dapat menyimpan sayuran, daging, ikan dibekukan tersebut dalam lemari es dan ketika hendak memerlukannya, Anda dapat segera mengolahnya.

Hal ini penting, karena dapat melatih Anda untuk terbiasa hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran dan makanan sehat lainnya, dan bukannya selalu terkonsep mencari makanan cepat saji, yang kurang menyehatkan bagi tubuh Anda.

3. Membeli sayuran yang sudah dibersihkan

Jika Anda tidak punya banyak waktu, namun selalu ingin menjaga kebutuhan tubuh akan makanan yang sehat, Anda dapat membeli sayuran organik, yang banyak tersedia di toko swalayan besar atau supermarket saja.

Hal ini penting, karena berbagai sayuran yang tersedia di supermarket telah dipotong dan dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu banyak membuang waktu untuk menyiapkan makanan sehat harian Anda nantinya.

4. Jangan takut mengonsumsi makanan kalengan

Umumnya, banyak orang takut dan menghindari makanan kalengan, karena komposisi dan bahan – bahan yang terkandung didalamnya. Anda tidak perlu khawatir yang berlebihan, namun Anda harus jeli dan teliti untuk membaca label serta komposisi dari bahan –bahan yang terkandung di dalamnya.

Mengonsumsi makanan kalengan yang sehat seperti ayam, sayuran, ikan sarden, ikan salmon, jamur artichoke, dan paprika merah dan sebagainya, dapat menghemat waktu Anda juga.

5. Menjadwal mempersiapkan makanan

Anda dapat memilih jadwal hari apa saja sebagai tambahan waktu persiapan dalam menyajikan makanan sehat bagi keluarga Anda. Pilihlah dua hari dalam seminggu, sehingga Anda dapat menghabiskan beberapa jam tambahan untuk memasak dan menyiapkan masakan sehat bagi keluarga Anda.

Anda dapat mengikutsertakan anak Anda dalam kegiatan persiapan ini, sehingga selain dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, juga dapat mempererat hubungan komunikasi yang harmonis antara anda dengan anak Anda nantinya.

6. Meskipun benar-benar sibuk tetap mengonsumsi makanan sehat

Ketika berada dalam kondisi yang sangat sibuk, Anda hendaknya dapat selalu mengonsumsi makanan sehat juga. Anda dapat membuat sedikit makanan camilan sehat sebagai persiapan seperti biji – bijian, kacang – kacangan, salad atau makanan ringan sehat lainnya, sehingga dapat menjaga kadar gula dan darah Anda tetap stabil,sampai Anda meraih makanan pada malam harinya.(Anai/Yant)

Share

Video Popular