Setibanya di rumah, buah-buahan dan sayuran yang baru saja dibeli dari pasar langsung dimasukkan ke dalam lemari pendingin adalah cara yang paling mudah, namun ini bukan cara terbaik dalam menjaga kesegarannya. Ahli menyarankan agar buah dan sayuran disimpan secara terpisah untuk menjaga kesegaran dan menghindari hilangnya nutrisi mereka secara cepat.

Berikut 3 kesalahan yang selama ini dilakukan saat baru membeli buah dan sayuran:

Mencuci buah dan sayuran setelah dibeli

Karena khawatir dengan debu atau pestisida yang menempel pada buah dan sayuran yang baru dibeli, maka dicuci terlebih dahulu baru disimpan dalam lemari pendingin. Hal ini tampaknya sangaat wajar. Namun pada kenyataannya, tindakan tersebut tidak disarankan karena kelembaban memungkinkan bakteri justru berkembang biak dengan lebih baik yang akhirnya akan mempercepat pembusukan buah atau sayuran itu. Jangan dicuci sebelum dimakan atau dimasak.

Menggabungkan buah-buahan dengan sayur mayur

Dengan alasan mengirit tempat mencampur buah dan sayuran disimpan dalam lemari pendingin. Cara ini juga tidak dibenarkan karena perusahaan pertanian berskala besar umumnya memanfaatkan ethylene untuk mempercepat pematangan buah tomat, pisang, pir dan buah-buahan lainnya. Buah-buahan ini dalam masa penyimpanan mereka masih akan secara terus menerus melepas ethylene yang dapat mempercepat pematangan, penuaan sampai pembusukan hasil pertanian lainnya yang berada di sekeliling mereka.

Beberapa jenis buah akan mengeluarkan hormon pematangan yang juga disebut ethylene alami. Sedikit saja ethylene alami ini sudah mampu mempercepat pematangan buah. Buah apel yang penyimpanannya digabung dengan sayur-sayuran, maka sayuran itu akan lebih cepat menua atau membusuk. Jadi bila dalam lemari pendingin sudah tersimpan buah-buahan sperti apel, pir, pepaya, pisang, markisa dan lainnya, maka untuk penyimpanan sayur mayur perlu lebih mendapat perhatian.

Untuk menghindari pengaruh ethylene yang ditebarkan oleh buah-buah itu, masukkann buah-buah itu ke dalam kantung plastik dan mengikat simpul. Segera keluarkan buah yang membusuk dari kantung bila ditemukan.

Memasukkan masing-masing jenis buah ke dalam kantung plastik dan tertutup

Daun sayur mayur akan cepat menguning bila tersimpan dalam kantung plastik tertutup meskipun plastik tertutup mampu mempertahankan tingkat kesegaran sayuran. Untuk mengatasi masalah ini, sayur-sayuran itu sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan kertas koran sebelum dimasukkan ke dalam kantung plastik tertutup yang diberi beberapa lubang kecil sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Kertas koran bisa menyerap kelembaban yang menyebabkan daun cepat menguning.

Sayuran yang berumbi sebaiknya tidak disimpan dalam lemari pendingin tetapi cukup di tempat yang teduh. Kentang misalnya, akan lebih cepat tumbuh tunas bila disimpan dalam lemari pendingin, wortel, bawang, talas bahkan lebih tidak tahan lama bila disimpan dalam lemari pendingin.(Sin/Yant)

Share

Video Popular